Cara Mengatasi Printer Ga Bisa Nge-Print

Kejadian ini sering dikeluhkan oleh teman-teman saya dimana printer yang sedang dipake tiba-tiba seperti hang ga bisa nge-print. Saat dilihat pada jendela print queue, terlihat antrian dokumen yang hendak di-print tetapi tidak direspon oleh printer. Solusi yang paling simple adalah dengan me-restart komputer, tetapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi printer yang macet ketika nge-print yaitu sebagai berikut:

1. Menghapus  dokumen secara manual

Cara yang pertama adalah mencoba menghapus secara manual antrian dokumen pada jendela print queue tersebut. Bagi anda yang belum tau cara memunculkannya cukup double klik icon printer di bawah taskbar atau klik start, klik printer and faxes, double klik pada icon printer yang dikehendaki.
printer ga bisa ngeprint

Pada jendela print queue terdapat beberapa kolom yaitu:
  • DokumenName : yang merupakan nama dokumen yang kita cetak.
  • Status : status dokumen pada antrian yaitu spooling, paused atau printing.
  • Owner : user name orang yang mencetak dokumen
  • Pages : menampilkan jumlah halaman yang sudah dicetak dan jumlah keseluruhan halaman.
  • Size : ukuran dokumen dalam kilobytes
  • Submitted : menampilakan waktu pada saat dokumen dikirim ke printer.
Untuk menghapus dokumen dari daftar antrian cukup klik kanan dokumen tersebut dan pilih cancel.
2. Menghapus file di folder C:WINDOWSsystem32spoolPRINTERS
Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka kita harus menghapus dokumen tersebut dari folder spool yang ada di folder WindowsSystem32. Untuk melakukan hal ini tentu saja account yang kita pakai harus memiliki previllage sebagai Administrator. Berikut cara menghapus file-file tersebut.
  1. Klik Start, klik Control Panel dan pilih Administrative tools, klik Service
  2. Cari “service” yang namanya Print Spooler kemudian klik kanan dan pilih Stop. Jangan ditutup dulu window Service

    printer spooler
  3. Buka folder C:WINDOWSsystem32spoolPRINTERS
  4. Hapus semua file yang ada di folder PRINTERS tersebut.
  5. Kembali ke jendela Windows Services, klik kanan pada Print Spooler dan pilih Start
Setelah file-file di folder C:WINDOWSsystem32spoolPRINTERS dihapus dan service Print Spooler aktif kita bisa memulai lagi mencetak dokumen.
3. Close Session
Untuk printer yang dipake secara rame-rame (sharing), kadangkala terjadi kasus dimana terdapat user yang tidak bisa mengirim dokumet ke printer sharing tersebut sementara user yang lain tidak bermasalah. Biasanya kalau kita lihat ke jendela Printer and Faxes maka status printer tersebut adalah unable to connet. Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka jendela Computer Management. Klik kanan icon my computer, klik manage.
  2. Expand System Tools, kemudian expand Shared Folder, da klik Sessions.
  3. Pada jendela sebelah kanan terdapat daftar user yang terhubung ke komputer kita.
  4. Cara yang paling mudah blok aja semua user lalu pilih close session.

    printer macer
  5. Kemudian coba lagi user yang tadi untuk melihat status printer pada jendela Printer and Faxes, kalau statusnya sudah ready maka printer sharing tersebut bisa dipake untuk ngeprint lagi.
Demikianlah cara yang bisa kita lakukan apabila terdapat printer yang tidak bisa ngeprint. Cara tersebut biasa saya pakai dan sejauh ini berhasil.

53 thoughts on “Cara Mengatasi Printer Ga Bisa Nge-Print”

  1. bos mau tanya.
    saya pake printer epson c45, kog ga bisa ngeprint header, padahal di layout terlihat. tp kayake kom saya yang bermasalah, ketika dilihat di prinview nggak kelihatan. ini saya gunakan ketika mau buat kop surat. gimana ki bos caranya? share ke email saya ya. [email protected]
    makasih sebelume…

  2. mas print sya gg bsa ngeprint tadi sya mau ngprint tapi muncul gmbar tank tinta wrna hitam nya ke ats dstu tertuis printer is not responding knpah ya mas bantuii plaese
    jwban nyah dtnggu diemal sya ya mas punten bngt iini [email protected]

  3. Mas mau tanya donk, printerku hp p1005 ga bs dipake ngeprint. padahal bila dipake oleh komputer lain (sharing) bisa mas. Klo saya ngeprint di printer lain juga bisa. mohon solusinya, makasih

  4. maaf,sya mau tanya pak. bagaimana cra y untuk memperbaiki printer canon ip 2770 yang salah dlam wktu pengisian.karena tinta yg dmsukkan ke dlm cartridge itu adalah tinta SNOWMAN/tinta SPIDOL yg dgunakan di papan tulis.
    itu bagaimana cara memperbaiki nya y pak.????

  5. printerQ HP Deskjet 1050, gk bisa nge print kl pasang 2 catridge, tp kl pake catridge tunggal (black), baru bisa,,sy sdh ganti catridge baru u/ warna, tetap aja gk bisa,,sy coba pasang di printer sama merk & type puxa teman, kok bisa nge print,,kira2 puxa sy apax yg rusak,,,??

  6. mau tanya..kenapa ya epson t13 saya gamau print ya padahal lampunya ga blink jg…trus di jendela print queue awalnya muncul doknya statusnya spooling trus print terus ilang..tapi belum di print jg…itu kenapa ya? mohon bantuannya,,

  7. bang, kalo printer HP Deskjet 1515 (shared) ga bisa ngprint gimana bang? orang" yg dikasi share printer ini lancar" aja, tapi kenapa komputer yg tersambung langsung dengan printer ini malah ga bisa ngprint, jadi kalo distatus printernya setelah Spooling, langsung hilang aja gitu, ga ada report error ato apa, sama skali ga ada apa", ilang gitu aja, tapi ga ngprint~ gimana ya bang? mohon bantuannya~

    FYI, komputer orang" windows 7, komputer ini yg trhubung sama printer windows XP, ntah mungkin ada hubungannya apa ga~

  8. mas..printer q hp deskjet 1510 klo buat print dokumen/file gbsa, di tombol show icon yg dibawah sebelah kanan jg gk connect tp klo buat foto copy n scan lancar2 aj mas..solusinya donk..

Please Login to Comment.