Home » PC Repair » Cara Mengatasi Printer Ga Bisa Nge-Print

Cara Mengatasi Printer Ga Bisa Nge-Print

Sebagai bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen, Printer merupakan alat yang sering kita gunakan. Ada kalanya Printer yang biasanya lancar saat mencentak / ngeprint dokumen, tiba-tiba tidak bisa ngeprint sama-sekali.

Untuk mengatasi masalah Printer tidak bisa ngeprint tersebut, terlebih dahulu kita harus mengecek apakah masalah yang menyebabkan Printer tidak bisa ngeprint tersebut terdapat pada printernya atau pada komputernya.

Cek Kondisi Printer

Untuk mengecek kondisi Printer kita bisa menggunakan 2 cara, yaitu :

  1. Melihat Lampu Indikator.
    Perhatikan juga lampu Indikator pada printer apakah nyalanya normal (biasanya lampu indikator power saja yang menyala) atau ada lampu lain yang hidup, misalnya lampu indikator tinta, atau lampu indikator kertas. Apabila lampu indikator tinta menyala, berarti ada tinta yang sudah kosong dan harus diganti atau diisi ulang. Apabila lampu indikator kertas menyala biasanya terdapat paper jump pada printer. Apabila lampu indikator nyalanya blink, menandakan ada kerusakan atau masalah lainnya seperti misalnya printer perlu direset.
    Untuk lebih detailnya tentang arti lampu indikator tiap Printer, kita harus membacanya dari manual book yang biasanya telah disertakan saat pembelian Printer.
  2. Melakukan Self Print Test.
    Langkah berikutnya adalah melakukan print test tanpa terhubung ke komputer. Untuk melakukan print self test ini cara-nya berbeda-beda untuk tiap Printer. Untuk Printer yang sudah Multi Function, kita bisa menggunakan mempunyai fitur Copy untuk mencoba apakah printer bisa ngeprint atau tidak.

Cek Kondisi Komputer

Apabila Printer sudah dipastikan berfungsi dengan baik, barulah kita lakukan problem solving pada bagian komputer, yaitu dengan mengecek pada bagian hardware, software atau setingan printer yang lainnya.

A. Printer ga bisa ngeprint karena Printer Offline.

Sebuah Printer biasanya terhubung ke CPU komputer dengan menggunakan USB Port. Maka langkah pertama adalah mengecek pada seputaran USB Port tersebut. Apabila Komputer tidak bisa berkomunikasi dengan Printer, maka status Printer tersebut akan menjadi Offline.

Cara pertama yang bisa kita lakukan saat Printer Offline, adalah dengan meng-uncheck Use Printer Offline seperti gambar diatas. Apabila cara tersebut masih belum bisa, atau Printer menjadi Offline kembali, maka kemungkinannya ada masalah pada sistem komunikasi antara Printer dan Komputer.

Ada beberapa masalah yang menyebabkan Printer Offline diantaranya adalah :

  1. Masalah pada Port USB
    Cara termudah untuk memperbaiki printer offline adalah dengan mencabut kabel USB Printer dan memasukannya kembali ke Port USB yang lain. Tunggu sebentar atau refresh di device manager sampai komputer mendetek adanya printer tersebut. Biasanya Printer baru yang terdetek tersebut akan mempunyai tambahan nama : Copy1
  2. Masalah pada kabel USB
    Printer tidak mau ngeprint bisa jadi dikarenakan karena kabel USB yang digunakan sudah jelek atau terlalu panjang, sehingga patut dicoba juga untuk menggantinya dengan kabel Printer yang baru.
  3. Masalah pada virtual USB Port
    Masalah ini sebenarnya berkaitan dengan no 1. Printer tidak mau ngeprint dikarenakan tidak sesuainya virtual USB Port yang digunakan. Hal ini terjadi karena pada saat kita mencabut kabel printer dari USB Port yang satu dan dipasangkan kembali ke USB Port yang lain, tetapi komputer tidak secara otomatis mendeteknya sehingga virtual USB Portnya masih menggunakan virtual port yang lama. Cara mengatasinya kita harus mengganti virtual USB Port ini secara manual.

B. Printer ga bisa ngeprint karena masalah Print Queue.

Kejadian ini sering dikeluhkan oleh teman-teman saya dimana printer yang sedang dipake tiba-tiba seperti hang ga bisa nge-print. Saat dilihat pada jendela print queue, terlihat antrian dokumen yang hendak di-print tetapi tidak direspon oleh printer. Solusi yang paling simple adalah dengan me-restart komputer, tetapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi printer yang tidak bisa ngeprint karena masalah print queue ini yaitu sebagai berikut:

1. Menghapus  dokumen secara manual

Cara yang pertama adalah mencoba menghapus secara manual antrian dokumen pada jendela print queue tersebut. Bagi anda yang belum tau cara memunculkannya cukup double klik icon printer di bawah taskbar atau klik start, klik printer and faxes, double klik pada icon printer yang dikehendaki.

Pada jendela print queue terdapat beberapa kolom yaitu:

  • DokumenName : yang merupakan nama dokumen yang kita cetak.
  • Status : status dokumen pada antrian yaitu spooling, paused atau printing.
  • Owner : user name orang yang mencetak dokumen
  • Pages : menampilkan jumlah halaman yang sudah dicetak dan jumlah keseluruhan halaman.
  • Size : ukuran dokumen dalam kilobytes
  • Submitted : menampilakan waktu pada saat dokumen dikirim ke printer.

Untuk menghapus dokumen dari daftar antrian cukup klik kanan dokumen tersebut dan pilih cancel.

2. Menghapus file di folder C:WINDOWS\system32\spool\PRINTERS

Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka kita harus menghapus dokumen tersebut dari folder spool yang ada di folder WindowsSystem32. Untuk melakukan hal ini tentu saja account yang kita pakai harus memiliki previllage sebagai Administrator. Berikut cara menghapus file-file tersebut.

  1. Klik Start, klik Control Panel dan pilih Administrative tools, klik Service.
  2. Cari service Print Spooler kemudian klik kanan dan pilih Stop

    stop print spooler
  3. Buka folder C:\Windows\System32\spool\PRINTERS
  4. Hapus semua file yang ada di folder PRINTERS tersebut.
  5. Kembali ke jendela Windows Services, klik kanan pada Print Spooler dan pilih Start

Setelah file-file di folder C:\Windows\System32\spool\PRINTERS dihapus dan service Print Spooler aktif kita bisa memulai lagi mencetak dokumen.

C. Mengatasi Printer ga bisa ngeprint dengan Close / Disconnect Session

Untuk printer yang dipake secara rame-rame (sharing), kadangkala terjadi kasus dimana terdapat user yang tidak bisa mengirim dokumet ke printer sharing tersebut sementara user yang lain tidak bermasalah. Biasanya kalau kita lihat ke jendela Printer and Faxes maka status printer tersebut adalah unable to connet. Untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka jendela Computer Management. Klik kanan icon my computer, klik manage.
  2. Expand System Tools, kemudian expand Shared Folder, da klik Sessions.
  3. Pada jendela sebelah kanan terdapat daftar user yang terhubung ke komputer kita.
  4. Cara yang paling mudah blok aja semua user lalu pilih Cose Session / Disconnect All Session.

    disconnect all sessions
  5. Kemudian coba lagi user yang tadi untuk melihat status printer pada jendela Printer and Faxes, kalau statusnya sudah ready maka printer sharing tersebut bisa dipake untuk ngeprint lagi.

D. Printer ga bisa ngeprint karena masalah Driver.

Kadangkala printer tidak bisa ngeprint karena adanya driver yang corupt, cara untuk mengatasinya adalah dengan menginstall ulang driver printer. Memang tidak mudah untuk mengetahui apakah printer tidak ngeprint karena masalah driver yang corrupt. Penulis pernah mengalami printer yang hanya bisa ngeprint setengah halaman saja, atau muncul karakter-karakter aneh pada hasil print, dan setelah drivernya di-uninstall & reinstall, printer tersebut bisa ngeprint dengan normal kembali.

Demikianlah cara yang bisa kita lakukan apabila terdapat printer yang tidak bisa ngeprint. Cara tersebut biasa saya pakai dan sejauh ini berhasil.

Last updated on August 15, 2020

Subscribe
Notify of
guest
7 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments