Skip to content

Cara Mengatasi Printer Error 0x0000011b

Masalah komputer tidak bisa ngeprint ke printer sharing (printer yang terinstall di komputer lain) bisa disebabkan oleh beragam hal. Bisa dari koneksi jaringan, service print spooler yang tidak aktif bahkan bisa juga timbul karena bug dari Windows update, seperti misalnya error 0x0000011b yang menyebabkan printer sharing tidak mau connect.

Dalam beberapa hari ini terdapat kasus dimana beberapa komputer tidak bisa konek ke printer sharing seperti biasanya. Ketika dicoba re-connect muncul error Windows cannot connect to the printer, Operation failed with error 0x000011b seperti terlihat pada tampilan dibawah:

Windows cannot connect to the printer, Operation failed with error 0x000011b.
Windows cannot connect to the printer

A. Penyebab Printer Sharing Tidak Mau Connect

Ternyata masalah printer sharing tidak mau connect dengan error 0x0000011b tersebut disebabkan karena windows baru saja menginstall pembaruan keamanan KB5005565, yang menurut salah satu pengguna di forum Microsoft adalah protokol yang dibuat pada bulan Januari, tetapi baru sekarang diimplementasikan.

KB5005565 adalah pembaruan keamanan yang terutama dirilis untuk menambal vulnerability PrintNightmare di teknologi Point and Print yang terdepresiasi.

Dalam teknologi Point and Print, PC klien terhubung ke printer jarak jauh yang dikelola oleh host/server tanpa memerlukan media instalasi di sisi klien.

Driver printer dan file konfigurasi akan diambil dari komputer host/server dan diinstal secara lokal pada komputer client.

Dengan kerentanan PrintNightmare dalam teknologi Point and Print, dikhawatirkan seseorang akan bisa melewati pengaturan keamanan dan dapat memperoleh hak administratif pada sistem komputer tersebut.

B. Cara Mengatasi Printer Error 0x0000011b di Windows 10

Dari penjelasan diatas, maka ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah komputer yang tidak bisa konek ke printer sharing tersebut, yaitu sebagai berikut :

1. Update Windows dan Driver

Apabila komputer klien dan server (komputer yang terpasang printer) sudah menggunakan sistem operasi yang sama, maka lakukan update windows di kedua komputer tersebut.

Kemudian hapus printer dan uninstall driver printer secara total kemudian lakukan instalasi printer dari awal dengan driver printer terbaru.

2. Uninstall Windows Update

Apabila cara pertama tidak memungkinkan, seperti misalnya karena dirasa terlalu lama atau kedua komputer berbeda sistem operasi, maka kita bisa menguninstall windows update KB5005565 pada komputer dimana printer tersebut terinstall.

  • Buka Control Panel, klik Programs and Features, klik View Installed Update,
  • Selanjutnya cari KB5005565 seperti terlihat pada gambar dibawah, klik kanan dan klik Uninstall, proses uninstall akan berlangsung cukup lama.
  • Setelah selesai Restart komputer
uninstall windows update KB5005565
Uninstall Windows Update KB5005565

Proses uninstall Windows update ini berjalan cukup lama, dari pengalaman penulis berlangsung sekitar sampai 30 menitan.

Setelah windows update KB5005565 berhasil diuninstall, kemudian restart komputer dan cobalah untuk print lagi ke printer sharing.

Apabila tidak menemukan windows update KB5005565, cobalah untuk menghapus atau uninstall windows update yang lain diantaranya KB5005573 dan KB890830.

Windows update memang sebaiknya kita install, tetapi apabila karena satu dan lain hal kita ingin menonaktifkan windows update untuk sementara waktu, maka kita bisa mendisable dulu service windows update tersebut.

Cara untuk mendisable windows update, bisa dibaca pada postingan sebelumnya dengan judul Cara Men-Disable Automatic Update Windows 10.

3. Edit Registri Windows

Windows update KB5005565 bertujuan untuk menambal kerentanan (vulnerabilities) Print Spooler dan untuk tujuan ini, update tersebut akan meng-enable setingan RpcAuthnLevelPrivacyEnabled pada registri windows.

Tetapi apabila salah satu komputer (print server atau klien) tidak sesuai dengan RPC_C_AUTHN_LEVEL_PKT_PRIVACY, dapat menyebabkan printer sharing tersebut tidak dapat diakses dengan pesan Printer Error 0x0000011b.

Seperti dikutif dari forum microsoft bahwa menonaktifkan setingan RpcAuthnLevelPrivacyEnabled di registri windows merupakan cara tercepat untuk mengatasi Printer Error 0x0000011b dalam kasus ini.

Cara ini sudah beberapa kali penulis lakukan dan sejauh ini berhasil dengan baik, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Carilah “HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Print“, dan tambahkan DWORD value baru dengan nama RpcAuthnLevelPrivacyEnabled dengan value data = 0. seperti gambar dibawah.

fix error 0x0000011b via registry

Setelah selesai menambahkan key tersebut, tutup jendela registri editor. Selanjutnya buka lagi jendela Services dan restart lagi service Print Spooler.

Setelah service service Print Spooler berhasil direstart, maka cobalah untuk melakukan print dokumen lagi.

Seharusnya sekarang komputer kita sudah bisa melakukan print ke printer sharing dengan normal.

Demikianlah beberapa tips Cara Mengatasi Printer Error 0x0000011b yang dapat kita lakukan saat komputer tidak bisa ngeprint ke Printer sharing, selamat mencoba.

Last updated on June 12, 2022

You Might also Like

25 thoughts on “Cara Mengatasi Printer Error 0x0000011b”

  1. Rahmat Australiansyah

    Apakah ada solusi lain pak ? karena setelah di uninstall update nya kemudian restart PC, muncul lagi dengan kode windows update yg berbeda, masalah tetap sama..

    1. PC yang lain berarti tetap bisa print ya ? KLo cuma di satu pc saja berarti masalahnya di pc itu saja, atau coba pake cara edit registry windows, saya kemaren dah coba & berhasil.

  2. saya pun mengalami seperti ini update windows yg 5565, 709, sama 7186, dengan cara uninstall (tapi prosesnya lama bgt) belum restart dll, udah gitu saya coba disable di service windowsnya.. dll .. tapi ketika sudah 1 minggu.. tetep update lagi update lagi? apa ada cara lain, via registry atau lainya? mohon pencerahannya? trims.. #sharingisCaring

    1. Semua masalah printer sharing error ataupun printer jaringan wifi error karena telah mengupdate windows sejak bulan Sept hingga sekarang, solusinya cuman hapus dan pause update windows sambil menunggu rilis update windows yang baru yang bebas dari bug printer sharing…

    2. Terimakasih banyak pak. Point nomor 3 sangat ampuh.

      Dari september kemarin saya sudah coba uninstal update, tapi ga berhasil. Mengunjungi banyak web, juga ga berhasil. Akhirnya nemu web ini.

      Tengkyu

    3. Point 3: “HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Print“, dan tambahkan DWORD value baru dengan nama RpcAuthnLevelPrivacyEnabled dengan value data = 0

      Berhasil, makasih ilmunya gan…

          1. Di client dan server
            Sebelumnya saya coba disalah satu saja, tapi tidak berhasil. Coba dirubah registry di kedua komputer baru berhasil.

        1. Setelah mengikuti cara dengan Edit Registry, alhamdlulillah berhasil. Terima kasih admin, semoga ilmunya semakin bermanfaat dan berkah. SOLVED

Leave a Reply

Your email address will not be published.