Memperbaiki Service Print Spooler yang hilang

  • Hardware
Masalah printer yang ngadat tidak bisa mencetak / ngeprint biasanya sering kita jumpai terutama untuk printer yang dipake bersama-sama (di-share). Diantara penyebabnya (yang saya ketahui) telah saya jelaskan dalam artikel tentang tips mengatasi printer printer yang tidak bisa ngeprint beberapa waktu yang lalu. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki service print spooler yang hilang dari jendela windows services.
Kejadian Service Print Spooler yang hilang dari jendela services windows saya alami ketika saya telah meng-cloning hardisk ke hardisk yang lain dengan menggunakan norton ghost. Setelah hardisk hasil cloning dipasang dan komputer dijalankan semuanya berjalan tampak normal, tetapi ketika hendak meng-add printer terjadi error yang menyatakan service print spooler tidak running.
Sayapun kemudian menuju jendela windows services dengan cara klik start – run ketik: services.msc untuk mengaktifkan / start service print spooler, tetapi setelah saya cari-cari ternyata Service Print Spooler telah hilang dari jendela  Services. Akhirnya saya mencoba melakukan troubleshooting sebagai berikut:
  1. Memastikan file spoolsv.exe dan folder spool terdapat pada folder C:WINDOWSsystem32 dan ternyata masih ada dan tampak normal.
  2. Masuk ke registry editor, klik start – run ketik: regedit dan mencari “print spooler” dan ternyata lokasinya ada di:
    HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesSpooler.
  3. Sayapun kemudian membandingkan isi key registry tersebut dengan komputer yang lain, dan ternyata isinya berbeda.
  4. Akhirnya saya meng-import key spooler tersebut dari komputer yang normal dan setelah selesai komputer kemudian di-restart.
  5. Setelah komputer di-start lagi, Alhamdulillah service print spooler telah nongol lagi dijendela Windows Services.

Berikut screenshoot key spooler pada registry windows dan dapat didownload disini.

Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *