Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang bagaimana cara memperbaiki hardisk komputer. Dalam artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki hardisk yang terkena bad sector. Sebelumnya untuk memeriksa kondisi hardisk kita bisa menggunakan beberapa program aplikasi seperti yang telah disebutkan dalam artikel tentang cara memeriksa kondisi hardik komputer.

Bad sektor atau bad block adalah istilah yang digunakan untuk menyebut area yang rusak pada hardisk. Bad Sector pada hardisk ini secara umum terdapat 2 macam, yaitu bad sektor secara fisik dan bad sektor secara software. Bad sector secara fisik terjadi karena adanya keruksakan pada bagian plate hardisk yang bisa terjadi karena hardisk terkena debu, hardisk terjatuh, terkena benturan keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector secara software bisa terjadi ketika hardisk sedang sibuk tiba-tiba komputer mati, misalnya karena mati listrik.

Terdapat beberapa tools aplikasi yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki kondisi hardisk yang mengalami bad sektor secara software diantaranya sebagai berikut:


Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan HDD Low Level Format Tool

Progam Low level Format adalah utility yang berfungsi untuk menghapus seluruh informasi baik partisi, data didalam hardisk serta informasi bad sektor. Setelah menjalankan low level format maka kondisi hardisk akan benar-benar bersih seperti kondisi pertama kali digunakan. Jadi sebelumnya  pastikan data yang diperlukan di-backup terlebih dahulu. Melihat fungsinya itu, maka selain digunakan untuk memperbaiki bad sektor, tool low level format bisa kita gunakan untuk membersihkan data-data yang sangat pribadi atau rahasia secara permanen.
Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan HDD Low Level Format Tool:
  1. Download program HDD Low Level Format di http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/.
  2. Install dan jalankan program HDD Low Level Format tools sehingga muncul tampilan seperti dibawah :

    Menggunakan HDD Low Level Format Tool

  3. Pilih hardisk yang akan di-format, kemudian klik Continue..
  4. Klik tab LOW-LEVEL FORMAT, klik FORMAT THIS DEVICE
  5. Tunggu sampai selesai, dan biasanya prosesnya akan memakan waktu cukup lama jadi luangkanlah waktu yang cukup.
Selain untuk hardisk (SATA, IDE atau SCSI), HDD Low Level Format Tool bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash Card dan sejenisnya.

Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Bad Block Recovery Softwares dari Vendor Hardisk

Beberapa vendor hardisk mengeluarkan software / tool diagnostic untuk melakukan analisa dan maintenance hardisk, diantaranya adalah :
    
1. Fujitsu IDE Low level Format Utility

Fujitsu IDE Low level Format Utility

Software untuk memperbaiki hardisk bad sektor dari Fujitsu, dapat di download di: www.fujitsu-europe.com/support/disk/software/erase.zip

2. Seagate’s Seatools for Windows dan Seagate’s Seatools for DOS

Seagate's Seatools for Windows

Diagnostic Tools dari Seagate yang dapat digunakan untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain, dapat di download di: http://www.seagate.com/www/en-us/support/downloads.

3. Western Digital Data Lifeguard Diagnostics

memperbaiki hardisk bad sector dengan western digital data lifeguard diagnostic


Merupakan tools untuk maintenance dan repair hardisk, khusus untuk Hardisk dari Western Digital dapat Anda download di: http://www.softpedia.com/get/System/Hard-Disk-Utils/Western-Digital-DLG-Diagnostics.shtml 

Demikianlah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki hardisk bad sector. Alangkah baiknya sebelum hardisk kita bermasalah, kita monitor dan cek kesehatan hardisk secara rutin. Bila dirasa perlu kita juga bisa melakukan benchmark hardisk dengan HD Tune untuk memeriksa kinerja hardisk saat ini. Semoga bisa membantu..!!

45 thoughts on “Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector”

  1. kenapa yah, setelah aplikasi di install dan di jalan kan ada tampilan timer error,…
    padahal waktu/jam di PC tidak salah,…
    dan aplikasi itu tidak bisa di gunakan…

  2. mau nanya nih..hardisk aku healthnya sisa 34% trus aku download HDD low level format tool trus aku instal dan pake tapi kok stelah aku klik FORMAT THIS DEVICE munculnya Unable to lock device. Make sure you do not have open files on this device and try again. mohon bantuannya dong…

  3. hardisk sy udah parah bener, sy jadiin slave loading komp. jadi lemot bngt , ngedetect juga lama bener, pas mau diambil lemotnya parah banget… datanya 100 GB lagi, bisa makan waktu 1 bulan kali. akhirnya nyerah..

  4. Kalo hard disk bentrok sama cdroom itu kenapa ya?
    setiap HDD dicolok sama cdroom, di cek di bios ga ada dua dua nya, giliran di colok salah satu baru mau.
    makasih 🙂

  5. info yang bagus dan sangat bermamfaat, saat ini saya mengalami hal seperti yang ada dalam artikel ini hardisk saya tidak terbaca, namun belum saya coba semoga setelah saya praktekkan cara memperbaiki hardisk ini berhasil dan hardisk saya bisa saya gunakan kembali

  6. Thanks artikelnya gan, udah berbulan bulan HDD ane SLow Response/Read, ane udah nyangka ini bad sector, gara2 mati listrik ketika lagi ngopy file..

    dan sekarang HDD ane format pake cara Pertama,

    WD Lifeguard nggak sanggup, quick formatter WD ane juga nggak mau..

    berbagi tips aja neh,,

    Klo WDnya make Password, masukin aja password ngasal sampek dia minta format,, pilih FORMAT,,,

    Setelah itu baru make Low Format,,

    Biar bersih semua data..

    Sekarang do'ain ane gan, ngembaliin pilem pilem ane biar bisa kembali.. 😀

  7. Bang laptop saya stlh di defrag muncul pesan eror kyk gini : "The device, DeviceHarddisk0D, has a bad block".Akibatnya booting startup yg tadinya cuman 2-3 menit jdi 10-15 menit.klo pake software / tool diagnostic diatas isi hardisknya apa juga ke format spt pake HDD level format tool ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *