Home » Tips » Cara Install Movie Maker di Windows 10 dan Tips Mengatasinya Apabila Crash

Cara Install Movie Maker di Windows 10 dan Tips Mengatasinya Apabila Crash

Windows Movie Maker merupakan aplikasi editing video yang sebelumnya di-bundling dalam paket Windows Essential 2012. Windows Movie Maker (Windows Live Movie Maker) adalah aplikasi pengeditan video yang memungkinkan kita untuk mengubah gambar, file audio, dan klip pendek menjadi sebuah film (short movie). Fitur lainnya seperti menambahkan teks, transisi, efek dan juga bisa memposting hasil / film yang telah kita buat langsung ke YouTube, Facebook, Windows Live SkyDrive, dan lainnya.

Sayangnya aplikasi Windows Movie Maker ini tidak tersedia dalam sistem operasi Windows 10 dan support-nya juga sudah dihentikan sejak awal tahun 2017. Lalu bagaimanakah caranya agar kita bisa menginstall dan menjalankan aplikasi Movie Maker di Windows 10?

Berikut adalah step-by-step cara install windows Movie Maker di Windows 10 disertai dengan sedikit tambahan tips cara mengatasi Windows Movie Maker apabila mengalami crash.

Cara Install Windows Movie Maker di Windows 10

  1. Download aplikasi Windows Movie Maker disini
  2. Aplikasi Windows Movie Maker membutuhkan Microsoft .NET Framework 3.5 yang bisa kita download disini atau di download secara otomatis saat proses instalasi.
  3. Setelah didownload, jalankan proses instalasi dengan double klik file wlsetup-all.exe yang telah di download kemudian pilih Yes apabila jendela window UAC (User Account Control) muncul.
  4. Pada step berikutnya, apabila Microsoft .NET Framework 3.5 belum terinstall akan ada pilihan untuk Download dan Install .NET Framework tersebut.


  5. Selanjutnya kita disuruh untuk memilih aplikasi apa saja yang akan kita install. Karena kita hanya akan menginstall Movie Maker, maka klik pilihan Choose the programs you want to install seperti pada gambar dibawah.


  6. Pastikan hanya men-centang aplikasi Photo Gallery and Movie Maker saja pada pilihan yang tersedia.


  7. Proses Instalasi Windows Movie Maker akan berjalan, dan tunggu sampai selesai.
  8. Berikut adalah tampilan Windows Movie Maker yang berhasil dijalankan di Windows 10.

    movie maker-windows 10

Tips Mengatasi Windows Movie Maker yang Crash

Seiring dengan berjalannya waktu, kemungkinan aplikasi Windows Movie Maker ini mengalami berbagai masalah yang menyebabkan aplikasi crash, tidak bisa berjalan dengan normal.

Apabila hal itu terjadi, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita coba untuk mengatasinya.

1. Tutup aplikasi yang lain saat menjalankan aplikasi Movie Maker

Biasanya karena keterbatasan memori (RAM) yang terpasang menyebabkan aplikasi Movie Maker tidak bisa berjalan dengan normal, maka solusinya adalah dengan menutup aplikasi lainnya yang sedang berjalan.

Atau bisa juga dengan merestart komputer, kemudian jalankan hanya aplikasi windows movie maker ini saja dan cek apakah aplikasi bisa berjalan normal. Apabila masih error maka bisa dicoba langkah berikutnya.

2. Jalankan Movie Maker dalam mode Compatibility

  • Klik kanan shortcuts atau icon Movie Maker, klik Properties. Kemudian centang pilihan Run this program in compatibility mode for, kemudian pilih Windows 8.

3. Repair Windows Live Essentials Suite

Langkah berikutnya yang bisa dicoba saat Movie Maker mengalami crash adalah merepair atau reinstall aplikasi lewat Windows Live Essential Suite. Caranya adalah seperti berikut:

  • Buka jendela Add or remove program, bisa dengan cara tekan tombol simbol Windows di keyboard dan ketik add or remove program, kemudian klik pada menu yang tersedia.
  • Klik kanan pada Windows Essential 2012, klik Uninstall/Change


  • Klik Repair all WIndows Essentials programs. Tunggu sampai selesai.

Demikianlah cara untuk install Movie Maker di Windows 10 dan beberapa tips untuk mengatasi apabila suatu saat aplikasi Movie Maker ini tidak bisa berjalan dengan normal.

Last updated on July 7, 2019

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments