Rangkaian Sensor Kebocoran Air

Rangkaian Sensor Kebocoran Air ini saya buat sekitar bulan Agustus 2006. Rangkaian Sensor Kebocoran Air ini saya eksperimenkan untuk mendeteksi adanya kebocoran air pada campuran oli, dengan sarat air harus bersifat conductive.

Dibawah ini adalah rangkaian lengkap dari Sensor Kebocoran Air yang saya buat:

rangkaian sensor kebocoran air

Cara Kerja Rangkaian Sensor Kebocoran Air ini kurang lebih sebagai berikut:

  • Sebagai rangkaian pembangkit sinyal (multivibrator) saya gunakan IC 555. Pin 2 dan pin 6 terhubung ke Capasitor 270 nF (pada gambar tertera 100nF). Pin 3 (output) dihubungkan ke resistor 270 ohm.
  • Ketika sensor / probe mendeteksi adanya air (conductive) maka akan menghasilkan sinyal (tegangan) yang akan mengaktifkan optocoupler sehingga akan memberikan tegangan ke Rangkaian selanjutnya (R1)
  • Rangkaian selanjutnya adalah sebuah rangkaian penggerak relay. Dimana tegangan pada R1 (1k ohm) akan mentrigger Transisitor 9013 yang akan menghidupkan Relay. Contact dari relay ini yang nantinya bisa kita hubungkan ke Sirene Alarm atau alat lainnya).
  • Capasitor C1 (100uF) digunakan sebagai penampung tegangan. Besar kecilnya nilai Capasitor ini nantinya akan mempengaruhi lamanya Alarm berbunyi.

Demikianlah rangkaian untuk mendeteksi kebocoran air yang pernah saya buat tersebut. Mungkin bisa dikembangkan lagi sehingga bisa lebih bermanfaat.

Share Artikel

1 thought on “Rangkaian Sensor Kebocoran Air”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *