Urutan Kabel UTP Straight dan Cross Over

Share artikel kali adalah tentang kabel UTP Straight dan Crossover, artikel ini adalah request dari sobat adhie yfs, yang merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang Mengenal kabel jaringan jenis UTP dan STP.

Untuk pemasangan atau urutan dalam pembuatan kabel jaringan menggunakan kabel UTP ini dapat dibuat dalam dua jenis yaitu secara lurus atau Straight Through Cable dan menyilang atau Cross Over Cable. Perbedaan urutan kedua jenis kabel ini bisa dilihat pada gambar dibawah.

Urutan Kabel Straight

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan kabel yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda. Misalnya komputer dengan Switch.

Urutan pemasangan kabel straight adalah mengikuti standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah.

Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :

  1. Menghubungkan antara komputer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router

Urutan Kabel Cross Over

Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan yang menyilang antara ujung yang satu dengan ujung lainnya. Urutan kabel yang menyilang ini tidak semuanya, tetapi yang digunakan untuk komunikasi jaringan saja yaitu kabel urutan no 1, 2, 3, dan 6.

Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross over.

Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut :

  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router

Auto MDI/MDI-X

Perangkat terbaru saat ini biasanya sudah mendukung Auto MDI/MDI-X. Perangkat yang sudah support Auto MDI/MDI-X bisa dihubungkan baik dengan menggunakan kabel straight maupun menggunakan kabel crossover. MDI singkatan dari Medium Dependent Interface sedangkan MDI-X singkatan dari Medium Dependent Interface Crossover.

Praktek Membuat Kabel Straight

Untuk membuat sebuah kabel jaringan menggunakan kabel UTP ini terdapat beberapa peralatan yang perlu kita siapkan, yaitu kabel UTP,  Connector RJ-45, Crimping tools dan pengupas kabel serta RJ-45 LAN Tester seperti dibawah.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk pembuatan kabel UTP jenis Straight:

  1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm menggunakan pengupas kabel UTP
  2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B
  3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel dengan bagian pemotong Tang Crimping
  4. Masukan kabel  yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar.
  5. Lakukan crimping menggunakan Tang Crimping, tekan dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel.
  6. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan langkah 1 sd 5 pada ujung kabel yang lain.
  7. Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.

Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).

pemasangan kabel UTP ke konektor RJ-45

Demikianlah sekilas penjelasan tentang urutan kabel utp straight dan cross over dan cara membuatnya menggunakan crimping tools, semoga bisa membantu.

1 thought on “Urutan Kabel UTP Straight dan Cross Over”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *