Home » Lain-Lain » Wordpress » Tips Modifikasi Neve WordPress Theme

Tips Modifikasi Neve WordPress Theme

  • by

Salah satu tema / theme wordpress yang masih baru dirilis tetapi sudah cukup populer adalah template NEVE. Theme ini sering dibanding-bandingkan dengan tema wordpress populer lainnya seperti Astra, OceanWP dan GeneratePress. Setelah mencoba beberapa tema, akhirnya blog ini juga menggunakan tema Neve (meskipun masih versi gratis, he..he..).

Dari hasil utak-atik tema Neve, akhirnya dibuatlah tulisan ini yang berisi beberapa tips sederhana untuk memodifikasi tema Neve tersebut. Berikut adalah uraiannya :

Sticky Header

Sticky Header dibuat dengan alasan agar menu navigasi yang terdapat pada bagian header akan tetap pada posisinya saat kita men-scroll website kebawah. Hal ini tentunya akan memudahkan pengunjung untuk melakukan navigasi dan melihat bagian penting pada website tersebut.

Untuk membuat sticky header pada tema Neve, berikut kode CSS yang ditambahkan pada pengaturan:

#header-grid {
position: fixed;
margin-top: 0px !important;
width: 100%;
z-index: 1000;
border-bottom: 3px solid #F0f0f0;
}

Apabila ingin ditambahkan efek transparant maka kita tambahkan kode berikut :

opacity: 0.9;

Tambahkan kode berikut untuk menyesuaikan tinggi content :

.neve-main {
padding-top: 75px;
}

Scroll To Top

Tombol Scroll to Top atau ada juga yang menyebutnya Back to top adalah tombol yang biasanya terdapat pada bagian bawah kanan, yang berguna agar pengunjung bisa kembali ke bagian atas website dengan satu klik saja. Fitur scroll to top ini terutama berguna apabila artikel yang kita buat cukup panjang.

Cara paling mudah untuk menambahkan tombol Scroll to top adalah dengan menggunakan plugin, salah satunya adalah WPFront Scroll Top.

Last updated on September 27, 2020

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments