Home » Hardware » Tips Memilih Laptop Baru

Tips Memilih Laptop Baru

  • Hardware

Memilih Laptop baru merupakan hal yang susah-susah mudah, apakah itu untuk membeli laptop untuk pertama kalinya atau saat akan membeli laptop baru untuk menggantikan laptop lama. Apalagi kalau budget kita sudah di patok, sedangkan pastinya kita menginginkan spesifikasi laptop yang cukup mumpuni untuk menunjang berbagai aktifitas kita nantinya.

Tisp untuk memilih laptop baru dibawah ini mudah-mudahan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi temen-temen saat hendak membeli laptop baru.

Tips Memilih Laptop dengan Budget Terbatas.

Saat budget kita terbatas atau sudah dipatok, maka tentunya kita tidak bisa memilih laptop dengan spek yang diluar budget kita, tetapi tentunya kita tetap ingin mendapatkan laptop yang terbaik yang masih sesuai dengan kisaran budget kita tersebut. Untuk itu cobalah adalah tips berikut ini saat akan memilih laptop:

  1. Dapatkan kisaran harga dengan mengunjungi toko online atau marketplace. Misalkan budget kita untuk membeli laptop itu Rp. 5 juta, maka kita cek dengan harga tersebut keluar merek dan tipe apa saja.
  2. Catat dan bandingkan spek, disini kita harus membandingkan mulai dari kelas Processor yang digunakan, jumlah Memory, Video Card, Ukuran dan jenis layar, port input/output (konektor) serta tipe dan kapasitas hardisk; untuk saat ini saya sarankan untuk minimal sudah menggunakan SSD.
  3. Lihat review untuk laptop tersebut, mulai dari jumlah penjualan atau tingkat kepuasan orang lain yang sudah membeli laptop tersebut.
  4. Cari informasi tambahan dari masing-masing laptop tersebut dengan mengunjungi website resminya , melihat review video di youtube dan pengalaman orang lain di forum-forum.

Tips Memilih Laptop Untuk Kebutuhan Khusus

Berikutnya adalah tips memilih laptop baru untuk kebutuhan tertentu, misalnya drawing, video editing, laptop untuk di gunakan dilapangan dan lain sebagainya. Disini tentunya kita harus mengutamakan spesifikasi, saat spesifikasi laptopnya sudah dapet baru kemudian soal harga.

Sebagai contoh, saat kita akan membeli laptop baru dengan kebutuhan untuk menjalankan aplikasi SolidWork Premium, yang merupakan salah satu aplikasi CAD (Computer Aided Design), maka berikut tipsnya :

  1. Cari informasi tentang spesifikasi laptop yang memadai untuk menjalankan aplikasi Solidwork tersebut, kita bisa googling atau langsung menanyakan ke vendor software tersebut. Misal didapat spek yang dibutuhkan sebagai berikut :
    – Notebook sekelas Workstation
    – Processor Intel Core i7 atau XEON
    – RAM Minimal 16 GB
    – Graphics Card : NVDIA Quadro
    – OS : Windows 10 Pro 64bit
  2. Saat spesifikasi optimal yang harus ada pada laptop sudah kita dapatkan, barulah kita mencari laptop yang sesuai dengan spesifikasi tersebut.
  3. Cari info atau review dari pengguna lain yang sudah sering menggunakan aplikasi tersebut, biasanya mereka pakai laptop tipe apa, sebagai contohnya salah satu laptop yang memenuhi spek tersebut adalah Notebook ThinkPad P1.

Tips memilih Laptop apabila Merk sudah ditentukan

Merek atau brand laptop yang populer diantaranya adalah Acer, Asus, Dell, HP, MSI dan Lenovo. Apabila kita harus memilih laptop sedangkan merk atau brand-nya sudah ditentukan, maka langkah berikutnya bisa mengikuti tips berikut:

  1. Tentukan kebutuhan laptop yang akan kita pakai nantinya akan banyak digunakan untuk keperluan apa, misalnya keperluan sekolah, pekerjaan, programing, gaming, video editing dan lain sebagainya.
  2. Kunjungi website brand tersebut, disitu kita bisa melihat berbagai tipe laptop berdasarkan kategorinya. Carilah laptop yang sesuai dengan kebutuhan kita.
  3. Cari tipe laptop yang menjadi produk andalan atau best seller untuk masing-masing kategori laptop tersebut. Ini bisa dilihat dari jumlah penjualan di toko online atau marketplace dalam dan luar negeri.
  4. Berikutnya adalah tentang layanan purna jual yang meliputi masa garansi laptop, bantuan technical support yang akan membatu apabila suatu saat kita menghadapi kendala dan juga service center terdekat yang bisa langsung kita datangi. Layanan purna jual yang optimal tentu memberikan kenyamanan lebih kepada kita sebagai konsumen.

Tips Memilih Laptop Berdasarkan Spesifikasinya

Sama seperti komputer, menentukan spesifikasi laptop juga tidak jauh berbeda dari melihat spesifikasi tiap hardware yang terpasang seperti Processor, Hardisk, Memori, Graphic Card, Monitor dan ketersediaan Port Input-Output lainnya, seperti port LAN, HDMI, VGA, Display Port, MMC Card dan sebagainya.

  1. Processor
    Processor merupakan otak dari sistem komputer. Untuk jenis Processor saat ini masih dikuasai oleh Intel dan AMD. Berikut ini adalah perbandingan harga dari masing-masing Processor saat ini :



    Untuk menentukan siapa yang lebih unggul memang membutuhkan referensi yang tidak sedikit, mungkin yang lebih sederhana adalah menentukan Processor berdasarkan harga yang sesuai dengan budget kita.
  2. Hardisk / Storage Device
    Berbicara tentang hardisk, mungkin saat ini kita sudah harus menggunakan minimal SSD (Solid State Drive) sebagai pengganti hardisk SATA biasa. Ini karena kecepatan SSD yang sekitar 5 kali kecepatan hardisk biasa dan juga karena penggunaan laptop yang bersifat portabel, sehingga menggunakan teknologi SSD lebih aman daripada hardisk yang masih menggunakan teknologi cakram.
    Apabila punya budget lebih mungkin bisa memilih laptop yang sudah menggunakan SSD jenis M2/NVme yang kecepatannya sekitar 5 kali SSD biasa.
  3. Memori / RAM
    Kapasitas memori adalah yang harus diperhatikan selanjutnya. Laptop dengan memori 4GB adalah pas-pasan, jadi kalau mau lebih nyaman, gunakan laptop yang memiliki RAM 8GB. Untuk penggunaan grafis bisa sampai 16GB bahkan lebih.
  4. Monitor
    Untuk monitor laptop, mungkin yang pertama kali di tanyakan adalah ukurannya. Ukuran laptop bervariasi mulai dari ukuran kecil dibawah 13 inch, ukuran portabel 13 -14,9 inch ideal dibawa kemana-mana, ukuran standard 15 -15,9 inch yang tidak terlalu besar maupun terlalu kecil dan monitor ukuran besar mulai 17 inch keatas yang banyak digunakan untuk tujuan grafis seperti membuat desain, video editing dan juga gaming.

    Berikutnya adalah jenis panel monitor yang digunakan. Dimulai dari panel jenis TN (Twisted Nematic), yang merupakan jenis panel yang paling banyak digunakan terutama di segmen entry-level. Jenis panel TN ini memiliki respond time sangat cepat, sehingga mungkin lebih dipilih oleh para Gamer, tetapi untuk kualitas / keakuratan warna dan viewing anglenya tidak terlalu bagus.

    Jenis panel monitor berikutnya adalah jenis panel IPS (In-Plane Switching) yang merupakan tipe panel monitor yang mampu menghadirkan kualitas gambar yang lebih baik daripada panel TN. Panel jenis IPS memiliki akurasi warna yang lebih tajam, viewing angle atau sudut pandang yang lebih luas sehingga cocok digunakan untuk pekerjaan grafis tetapi sayang untuk respond time-nya lebih rendah dibanding panel monitor jenis TN.

    Teknologi panel monitor lainnya adalah panel jenis Vertical Alignment (VA) yang bisa dikatakan pertengahan antara TN dan IPS. Jenis panel VA memiliki keunggulan warna dibanding monitor dengan panel TN dan juag lebih baik dari jenis IPS dalam hal waktu respons.

    Sekarang ini sudah ada panel monitor jenis OLED (Organic Light-Emitting Diode) yang menggunakan teknology yang berbeda dan juga kualitas yang lebih baik daripada ketiga jenis panel monitor diatas.
  5. Port Input/Output Lainnya
    Berikutnya adalah melihat konektor atau port apa saja yang disediakan oleh laptop tersebut. Mulai dari yang standard seperti port LAN, HDMI , USB, USB-Type C, SD Card Reader dan lain sebagainya. Sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki minimal  3 buah port USB dan 1 port HDMI untuk kemudahan konektivitas nantinya.
  6. Baterai
    Untuk baterai laptop pilihan yang cukup ideal adalah yang bisa bertahan dalam pemakaian normal sekitar 8 jam sd 10 jam. Laptop dengan layar monitor yang lebih kecil biasanya memerlukan daya yang lebih sedikit daripada laptop dengan monitor ukuran besar sehingga waktu pemakaian laptop bisa lebih lama.

    Lamanya daya tahan baterai ini juga tergantung dari aplikasi yang digunakan, saat laptop dipakai untuk bermain game akan lebih boros bateri daripada hanya sekedar browsing. Untuk mengetahui waktu pemakaian / battery life ini kita bisa lihat dari penjelasan spesifikasi yang diberikan oleh vendor dan juga ulasan dari pengguna lain yang sudah mencobanya.

Tips Memilih Laptop untuk Berbagai Kebutuhan

  1. Laptop untuk kebutuhan Rumah
    Laptop untuk keperluan di rumah misalnya untuk mengerjakan tugas sekolah, browsing atau bisa juga administrasi kantor yang hanya menggunakan software dokumen editing biasa seperti Ms Office dan aplikasi sederhana lainnya. Pilihan spesifikasi juga tidak terlalu tinggi, misalnya Processor sekelas Core i3 – AMD Ryzen 3, RAM minimal 4GB, Hardisk sebaiknya yang sudah menggunakan SSD dengan kapasitas sedang 250 GB, Ukuran monitor laptop bisa dipilih 12 inch – 14 inch.
  2. Laptop untuk keperluan Kantor
    Untuk keperluan pekerjaan biasanya kita membutuhkan laptop dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Sehingga bisa bertahan lama saat dibawa travel atau saat melakukan presentasi.
    Untuk Processor sebaiknya sekelas Intel Core i5 dengan RAM terpasang 8GB dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan SSD meskipun hanya sebesar 250GB. Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah ketersediaan dari berbagai port seperti VGA dan HDMI yang dibutuhkan saat presentasi.
  3. Laptop untuk Programming
    Programmer sering bekerja dengan beberapa layar yang terbuka, mungkin yang pertama dipilih adalah laptop dengan ukuran layar standard, misalnya 15 inch atau lebih. Untuk spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan spek laptop untuk keperluan kantor, tetapi biasanya memerlukan tambahan di bagian memori dan kapasitas SSD yang lebih besar.
  4. Laptop untuk Video Editing
    Untuk keperluan drawing atau video editing ini, yang harus menjadi perhatian kita adalah jenis Graphic Card yang sesuai, seperti misalnya saat memilih laptop untuk menjalankan aplikasi SolidWork diatas. Untuk spesifikasi lainnya biasanya menggunakan Processor Core i7, RAM 16GB dan SSD jenis NVme yang kecepatannya 5 kali lebih cepat daripada SSD biasa.
  5. Laptop untuk Gaming
    Banyak referensi laptop untuk gaming ini, bahkan beberapa produsen sudah mengkhususkan membuat laptop khusus gaming ini, seperti misalnya ASUS Gaming Series (ROG) dan MSI. Kita bisa memilihnya berdasarkan harga dan popularitasnya.

Demikianlah beberapa tips sederhana untuk memilih laptop baru, mungkin yang harus tetap diperhatikan juga adalah istilah klasik yaitu : Ada harga ada rupa. Pastikan juga dengan jaminan garansi atau layanan purna jual serta adanya service center didekat kota Anda. Dan yang harus diperhatikan juga bahwa tips memilih laptop disini adalah untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.

Last updated on January 26, 2020

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments