Home » Hardware » Mengenal Power Supply ATX

Mengenal Power Supply ATX

Power Supply ATX merupakan power supply yang mulai digunakan pada komputer generasi PIII sampai sekarang. Power Supply ATX dilengkapi dengan power switch atau biasa disebut dengan autoshutdown, maksudnya adalah komputer dapat langsung dimatikan dengan menekan perintah shutdown pada system operasi tanpa menekan tombol off pada casing.

Berikut adalah gambar salah satu model dari power supply ATX :

Konektor Power Supply ATX

Power Supply ATX mempunyai bermacam-macam konektor yang mempunyai nilai tegangan dan fungsi yang berbeda-beda pula. Macam-macam konektor yang terdapat pada Power Supply ATX adalah sebagai berikut :

Konektor 20/24 pin ATX Motherboard.

Digunakan untuk mensuplly tegangan ke motherboard. Pada Motherboard versi lama digunakan Konektor ATX 20 pin, sedangkan Motherboard yang sekarang / terbaru sudah menggunakan konektor ATX yang 24 pin. Untuk konektor ATX 24 pin pada dasarnya merupakan konektor ATX 20 pin ditambah dengan konektor 4 pin, sehingga kedua konektor ini bisa digabungkan atau dilepas sesuai dengan motherboard yang kita pakai.

ATX 4 pin connector ini digunakan sebagai penyedia supply tegangan untuk Processor kelas Intel Pentium IV. Jadi pada Pentium 4 kebawah, konektor ini tidak perlu digunakan.

4 Pin Molex Connector

Digunakan sebagai supply tegangan untuk berbagai hardware seperti Hardisk IDE, CD ROM Drive dan Kipas Casing komputer.

SATA Power Connector

Digunakan untuk mensupply tegangan untuk komponen hardware yang menggunakan interface SATA seperti Hardisk SATA dan CD/DVD ROM SATA.

Floppy Drive Connector / Berg Connector

Konektor ini khusus digunakan untuk Floppy Drive atau pun external audio card. Karena penggunaan Floopy Drive sekarang sangat jarang, maka konektor ini jarang digunakan.

6 Pin PCI-E connector

Konektor ini digunakan untuk memberikan tegangan pada yang terdapat pada beberapa graphic Card yang menggunakan slot PCI Express.

Tegangan PIN Power Supply ATX

Sedangkan nilai tegangan untuk masing-masing warna pin dari power supplya atx ini adalah sebagai berikut :

  • Merah = +5 Volt
  • Kuning = +12 Volt
  • Orange = +3,3 Volt untuk RAM dan slot PCI
  • Ungu = +5 Volt sebagai power standby untuk motherboard
  • Putih = -5 Volt
  • Biru = -12 Volt
  • Hijau = berfungsi sebagai Power Switch ON
  • Hitam = Ground

Berapa Watt Power Supply ATX yang saya butuhkan?

Mungkin pertanyaan diatas sering kita dengar saat akan membeli sebuah power supply ATX. Untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah tergantung dari kebutuhan komputer yaitu banyaknya hardware yang terpasang. Misalnya apabila komputer kita hanya menggunakan komponen semisal VGA Card yang onboard, maka power supply dengan 450 Watt sudah mencukupi.

Demikian sedikit tentang pengenalan Power Supply ATX, untuk sekedar mengetahui apakah power supply tersebut hidup atau mati, kita bisa mengggunakan jumper untuk mengecek power supply ATX.

Last updated on March 29, 2010

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments