Perbedaan RAM Single Channel dan RAM Dual Channel

Fungsi RAM atau yang juga kita kenal sebagai unit Random Acces Memory itu sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara yang dibutuhkan oleh processor dan unit lain seperti HDD dan VGA hingga USB untuk berkomunikasi dan melakukan tugas komputasi.

Karena fungsi RAM ini adalah pintu pertama processor, chipset dan segala perangkat hardware lain untuk berkomunikasi, maka RAM sebagai “storage” memiliki kecepatan baca-tulis yang jauh lebih cepat dari HDD bahkan SSD. Maka semakin besar kapasitas RAM, akan semakin lega dan cepat system kita.

SINGLE CHANNEL adalah konfigurasi RAM dengan jumlah satu keping saja, sedangan DUAL CHANNEL memiliki konfigurasi dua keping, dalam interaksinya dengan channel 64bit melakukan komputasi di sebuah OS (sistem operasi).

ram-single-channel-diagram

Kofigurasi Single Channel dengan contoh 1x8GB memiliki keuntungan konsumsi daya yang lebih hemat, opsi upgrade ke depan hingga memenuhi slot RAM menjadi 2x8GB, dan tentu saja opsi ini lebih hemat secara budget. Kelemahannya adalah, performa lebih lambat namun sebenarnya selambat apakah?

ram-dual-channel-diagram

Konfiguasi Dual Channel dengan contoh 2x4GB tentu saja memiliki kecepatan yang lebih tinggi secara teori, lebih responsif, dan memaksimalkan kemampuan laptop itu sendiri. Kelemahannya adalah, konsumsi daya yang sedikit lebih boros (sedikit saja ya secara tiap keping RAM hanya membutuhkan 1.35V 12A), dan kelemahan kedua adalah harga yang sedikit lebih mahal.

Berikut Xenom team telah merangkum beberapa test baik synthetic maupun real worl aplikasi dan gaming. Aplikasi kita pilih, mewakili banyak aplikasi lain yang tentu saja fokus ke performa RAM itu sendiri. Dan berikut adalah hasilnya:

single ram vs dual channel ram

Secara average memang perbedaan performa antara single vs dual channel RAM adalah di bawah 10%. Lalu manakah pilihan konfigurasi terbaik untuk laptop Xenom custom kita?

Jika Anda saat ini cukup dengan jumlah RAM 8GB, maka pilihan single channel akan lebih menguntungkan, apalagi ke depan kita bisa upgrade menjadi 16 GB misalnya.

Namun jika dari awal kita ingin mendapatkan tambahan kecepatan extra sebesar kira-kira 10% average, maka dual channel bisa dijadikan pilihan yang lebih tepat, 2x4GB atau 2x8GB makin meyakinkan.

sumber :
http://www.xenompc.com/wp/ram-single-dual/
https://eu.crucial.com/eur/en/learn-with-crucial/about-memory/what-is-dual-channel-memory

Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *