Pengertian dan Prinsip Kerja WiMAX

Pengertian WiMAX

WiMAX yang merupakan teknologi selular generasi ke-4 atau 4G adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access, disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.

Teknologi 4G ini beroperasi melalui gelombang radio dan mengirimkan sinyal dari ‘high site’ ke perangkat WiMax pengguna berupa hub atau dongle mobile broadband.

WIMAX dapat mentransmisikan data 70 Mbps, hingga jarak 50km, pada kecepatan lebih dari 70 mph. WIMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise.

Dengan menggunakan WIMAX maka kita bisa berinternet ria seperti kita sedang menggunakan ponsel. Di mana saja di setiap sudut kota, kapan saja, asalkan ada sinyal kita bisa berinternet

Prinsip Kerja WiMAX

Secara garis besar, sistem kerja WIMAX sama dengan WiFi dimana menyediakan jaringan internet pada suatu area. Namun jika dibandingkan dengan WiFi, WIMAX memiliki wilayah jangkauan yang jauh lebih luas dan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Jaringan WiFi disebut Local Area Network (LAN), jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau area yang lebih kecil lainnya.

Sementara jaringan WIMAX disebut Metropolitan Area Network (MAN), yang mana sesuai dengan namanya, jangkauan MAN bisa mencakup area yang cukup luas. MAN biasanya mampu menunjang data, suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

WiMAX: Broadband Without Wires

Learn how standardization under WiMAX technologies can stimulate the fixed wireless market to go forward, reduce costs and bring broadband access to millions of people around the world who do not currently have access to DSL or cable including:

  • Wimax Business Opportunities 
  • The benefits of WiMAX 
  • WiMAX Technology and Overview 
  • Implementation of WiMAX access

Download Now “WiMAX: Broadband Without Wires” White Paper

sumber: http://portal.paseban.com/article/2755/wimax, http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX, http://www.howstuffworks.com/wimax1.htm dan sumber lainnya.

Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *