Microsoft Office has encountered a problem and needs to close

Sebenarnya saya ingin melanjutkan postingan kemaren mengenai domain, tetapi saya pending dulu dan saya ganti dengan sharing pengalaman kemaren yaitu sewaktu menjalankan microsoft outlook pada laptop seorang teman muncul pesan “Microsoft Office Outlook has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience.”.

Microsoft Office has encountered a problem and needs to close
Pesan “Microsoft Office xxx has encountered a problem and needs to close” tersebut pernah saya temui yaitu ketika menjalankan microsoft word, excel, power point dan terakhir kemaren sewaktu menjalankan microsoft outlook. Saya tidak tau persis kenapa error pada microsoft office tersebut bisa terjadi, postingan kali ini hanya akan membahas cara saya mengatasi pesan “Microsoft Office has encountered a problem and needs to close” berdasarkan pengalaman yang pernah saya temui.

1. Microsoft Office Powerpoint has encountered a problem and needs to close
Kasus pertama yang saya temui adalah error pada Microsoft Powerpoint. Cara untuk mengatasinya pada waktu itu cukup dengan me-repair paket microsoft office application, dan Microsoft Powerpoint bisa kembali berjalan normal.

2. Microsoft Office Word has encountered a problem and needs to close

Kasus Microsoft Word error juga pernah saya temui, sesaat setelah micosoft word menampilkan pesan “Microsoft Office Word has encountered a problem and needs to close” komputer kemudian merestart sendiri. Karena disertai dengan kasus komputer restart sendiri, maka saya kemudian membuka casing komputer dan mengecek pengkabelan pada tiap komponen pada CPU, dan ternyata benar ada kabel power untuk hardisk yang kendor. Setelah kabel saya pasang kembali dengan benar, saya nyalakan lagi komputer dan pesan eror tersebut tidak pernah keluar lagi.

3. Microsoft Office Excel has encountered a problem and needs to close
Error juga terjadi pada microsoft excel. Setelah excel dibuka beberapa saat kemudian muncul jendela “Microsoft Office Excel has encountered a problem and needs to close”. Saya kemudian mencoba merepairnya, tetapi hasilnya tetap sama. Akhirnya saya mencoba login dengan user account yang lain. dan ternyata microsoft excel dapat berjalan normal. Akhirnya saya memutuskan untuk merename user account yang lama (kalau datanya sudah dipindah, usernya didelete juga ga apa-apa). Kemudian saya login lagi dengan user Account tersebut, Windows XP kemudian akan membuat setingan profile baru dari awal kembali. Hasilnya Microsoft Excel tidak lagi menampilkan pesan error.

NB:
Folder user accout pada Windows XP terdapat pada folder C:Documents and Settingsnama_user. Data-data user biasanya terdapat pada folder C:Documents and Settingsnama_userdesktop dan C:Documents and Settingsnama_userMy Documents. Jadi kalau hendak mendelete folder user account, pastikan data-datanya sudah dibackup.

4. Microsoft Office Outlook has encountered a problem and needs to close

Kasus yang terakhir saya temui kemaren adalah pada Microsoft Outlook. Untuk kasus ini ternyata penyebabnya adalah file outlook.ost (offline file microsoft exchange) pada folder C:Documents and Settingsnama_userLocal SettingsApplication DataMicrosoftOutlook. Solusinya, pindahkan email-email yang terdapat pada Mailbox Microsof Exchange (yang nantinya tersimpan pada file outlook.ost) ke dalam Personal Folder File (.pst).

NB:
Untuk kasus Microsoft Office Excel has encountered a problem and needs to close pernah juga pernah terjadi karena disk space pada drive C yang sudah hampir penuh. Solusinya hardisk (drive C tersebut) harus di clean-up, dan sebagian data-datanya dipindahkan ke drive lain.

Demikianlah cara saya mengatasi error microsoft office yang menampilkan pesan “Microsoft Office has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience.” Semoga bisa membantu.

Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *