Home » Tips » Cara Menyembunyikan File Ke Dalam Gambar

Cara Menyembunyikan File Ke Dalam Gambar

  • Tips

“With this small tool you can merge or bind any compressed files (WinRar, WinZip, 7zip, etc.) with a normal JPEG image file that makes it look like any other JPEG image file but in fact contains all your secret files.”

Aplikasi yang satu ini mungkin berguna bagi Anda yang ingin menyembunyikan sebuah file terkompresi (.zip, .rar, .7z dsb) ke dalam sebuah file gambar dengan format .jpg, nama aplikasinya adalah JPG+File Binder. Dengan bantuan JPG+File Binder ini, file yang kita sembunyikan tidak mudah diketahui oleh orang lain, karena yang terlihat hanyalah file gambarnya saja. Contohnya seperti pada gambar catatanteknisi.jpg dibawah ini.

filebinder

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara menyembunyikan file ke dalam gambar, berikut sedikit penjelasannya:

  • Download terlebih dahulu aplikasi JPG+FileBinder disini
  • Jalankan aplikasinya, tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah:
catatanteknisi.jpg
  • Klik tombol Picture untuk memilih file gambar .jpg yang kita sukai
  • Klik Compressed File untuk memilih file yang akan kita sembunyikan 
  • Klik Output Picture File untuk menentukan nama dan lokasi tempat penyimpanan output file.

Dalam contoh ini saya menggunakan apliksi JPG+FileBinder ini untuk menyembunyikan file readme.zip kedalam gambar catatanteknisi.jpg seperti gambar diatas. Aplikasi ini bersifat portable, dapat dijalankan tanpa perlu diinstall pada semua versi Windows.

Yang perlu diperhatikan bahwa software ini tidak akan mengenkripsi atau mengamankan file yang disembunyikan tersebut. Sehingga untuk meningkatkan keamanan Abda perlu mengenkripsi file yang terkompresi tersebut sebelum disembunyikan dengan metoda ini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments