Menghidupkan Komputer Secara Remote Lewat LAN / Internet

Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui bagaimana caranya untuk menghidupkan komputer secara remote lewat jaringan. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, dalam artikel ini saya akan mencoba membahas tentang cara menghidupkan satu atau beberapa komputer melalui komputer lain dalam sebuah jaringan LAN dengan menggunakan teknologi  Wake On LAN.

Apa itu Wake On LAN ?

Wake-on-LAN (WoL) adalah Teknologi Ethernet standar yang memungkinkan komputer dapat dihidupkan oleh pesan jaringan / network message. Pesan ini dikirim oleh program sederhana yang dijalankan pada komputer lain pada jaringan lokal (LAN). Istilah lainnya adalah Remote Wake-Up (RWU).

Bagaimana Cara Kerja Wake On LAN

Dengan mengaktifkan fungsi Wake on LAN maka meskipun komputer dalam keadaan OFF pada kenyataannya tidaklah benar-benar mati. Tetapi masih ada koponen hardware yaitu network card yang akan tetap memonitor paket-paket yang diterimanya dari jaringan.

Ketika sebuah paket ajaib (magic packet) diterima, maka akan mengirimkan sinyal yang akan menghidupkan motherboard dan mem-boot up komputer. Magic packet tersebut berisi  byte FF FF FF FF FF FF yang diikuti dengan MAC Address network card tersebut.

Syarat untuk dapat menggunakan aplikasi Wake On LAN

Untuk menggunakan Wake On LAN, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu kurang lebih sebagai berikut:>

  1. Setiap komputer  harus terhubung ke jaringan yang sama.
  2. Motherboard pada kedua komputer harus mempunyai fitur Wake On LAN dan mengaktifkan Wake On Magic Packet pada properties Network Interface Card seperti gambar dibawah

    wake on magic packet
  3. Komputer target harus dimatikan secara normal, dengan klik tombol Shutdown dan power listrik harus tetap terhubung.

Software Aplikasi Wake On LAN

Salah satu aplikasi yang memanfaatkan fitur Wake On LAN ini adalah aplikasi Wake On LAN yang dibuat oleh Acquila Technology LLC, https://wol.aquilatech.com/

Wake On LAN by AquilaTech

Aplikasi Wake On LAN dari Aquila Tech ini mempunyai beberapa fitur sbb:

  • Menghidupkan / Mematikan Komputer Secara Remote
  • Melakukan test PING untuk mengetahui status remote komputer
  • Menghidupkan Komputer lewat Internet (install WOL Agent)
  • Melakukan shutdown darurat ke semua komputer yang telah ditentukan
  • Menghidupkan / Mematikan Komputer dalam waktu yang telah ditentukan

Aplikasi Wake On LAN ini bisa dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Server 2003, Server 2008 dan Windows Server 2012 R2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *