Home » Tips » Menghapus Data Hardisk Secara Permanent Menggunakan DiskPart Di Windows 10

Menghapus Data Hardisk Secara Permanent Menggunakan DiskPart Di Windows 10

DiskPart adalah suatu Utility yang berada di Command Line windows yang dapat kita gunakan untuk pengelolaan / managemen harddisk, seperti misalnya melihat hardisk, membuat partisi, memformat, menghapus data, membuat file system dan sebagainya.

DiskPart mulai digunakan pada Windows XP dan sampai dengan Windows 10 aplikasi kecil ini masih tetap dibundel dengan Windows 10. Salah satu fitur DiskPart yang akan kita gunakan adalah menghapus data pada hardisk atau partisi. Kita bisa memilih untuk menghapus data dengan cepat seperti biasa atau menghapus data secara permanen sehingga data yang sudah dihapus tadi tidak bisa direcover lagi.

Cara Menghapus Data Secara Permanent Menggunakan DiskPart

Berikut ini adalah langkah-demi langkah untuk menghapus data secara permanen menggunakan tools diskpart :

  1. Buka Command Prompt dengan cara ketik: command pada search box, Klik kanan pada Command Prompt dan klik Run as administrator seperti terlihat pada gambar dibawah.


  2. Setelah muncul jendela Command Prompt,
    • ketik : diskpart lalu tekan enter.
    • ketik : listdisk untuk menampilkan hardisk yang terpasang pada komputer.
    • pilih hardisk yang akan didelete semua datanya, misal hardisk 1, maka kita ketik : select disk 1

    • selanjutnya ketik : clean all.

      Perintah “clean all” ini akan menghapus semua data yang disimpan pada hardisk, semua partisi, folder, file dll secara total sehingga data atau informasi yang terdapat pada hardisk tidak bisa dipulihkan.
    • Tunggu sampai muncul tulisan DiskPart succeeded in cleaning the disk. Proses ini sangat lama, jadi tunggulah dengan sabar. Pada contoh yang saya lakukan kurang lebih memakan waktu sekitar 2jam.
  3. Masih pada jendela Command Prompt, ketik : compmgmt.msc untuk membuka jendela Computer Management, setelah terbuka, kemudian klik pada bagian Disk Management.



    Maka Windows akan mendeteksi adanya hardisk baru yang harus diinisialisasi. Pilih jenis partisi misalnya GPT dan klik OK.

Demikianlah cara untuk menghapus data hardisk secara permanent dengan menggunakan tool DiskPart. Apabila kita hanya ingin menghapus data seperti biasa (masih memungkinkan data untuk di-recover, maka cukup ketik perintah: clean saja. Selamat mencoba..

Last updated on September 26, 2020

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments