Mengenal Windows Advanced Boot Options

Windows Advanced Boot Options adalah pilihan mode startup yang biasa digunakan untuk melakukan troubleshooting ketika terdapat kerusakan atau kesalahan konfigurasi pada sistem komputer yang menggunakan sistem operasi windows XP atau Windows 7. Menu ini dapat kita akses dengan cara menekan tombol F8 sesaat sebelum windows melakukan startup.

Pada sistem operasi Windows XP disebut dengan Windows Advanced Options Menu dan tampilannya terlihat seperti gambar dibawah

Sedangkan untuk sistem operasi Windows 7 tampilan Advance Boot Options terlihat seperti gamabar dibawah :

Menu pada Windows Advance Boot Option

Beberapa pilihan yang biasa digunakan pada Advance Boot Options ini adalah sebagai berikut:

Repair Your Computer

Pilihan Repair Your Computer ini bisa diibaratkan wizard atau panduan dimana Windows akan mencoba melakukan perbaikan komputer secara semi automatis yaitu dengan cara mendiagnosa kerusakan dan melakukan self recovery atau me-recover system yang terdapat pada sistem restore atau windows backup image.

Safe Mode

Dalam mode safe mode, windows hanya akan me-load driver dan beberapa service utama yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer saja. Device yang di-inisialisasi termasuk storage device, standar Video Graphics Adapter (VGA), mouse dan keyboard.

Kita bisa menggunakan Windows Safe Mode ini misalnya untuk menghapus virus pada komputer, uninstall driver yang menyebabkan komputer bluescreen atau me-restore sistem komputer.

Sedangkan apabila kita ingin menampilkan pilihan Safe Mode setiap komputer akan booting, maka bisa diseting seperti pada tips cara menambahkan menu Safe Mode pada pilihan boot komputer.

Safe Mode With Networking

Sama seperti Windows Safe Mode dengan penambahan driver dan service untuk konektivitas jaringan

Safe Mode With Command Prompt

Sama seperti Safe Mode, tetapi dimulai dengan Command Prompt (cmd.exe) sebagai ganti Windows Explorer GUI. Umumnya digunakan ketika mode safe mode tidak berfungsi.

Enable Boot Logging

Menjalankan komputer secara normal disertai dengan mencatat driver yang di-load dan informasi inisialisasi ke sebuah file text untuk keperluan analisa.

Enable VGA Mode

Booting dengan menggunakan driver video dengan resolusi diset ke 640 x 480. Gunakan menu enable VGA Mode ini ketika monitor tidak men-support resolusi yang terdapat pada display adapter, yang  ditandai dengan munculnya pesan “frequency out of range” pada monitor.

Last Known Good Configuiration

Komputer dijalankan dengan menggunakan konfigurasi / settingan yang sama dengan konfigurasi terakhir pada saat user berhasil logon. Fitur ini menggantikan konten dari CurrentControlSet registry key dengan sebuah backup copy yang terakhir kali digunakan untuk memulai OS dengan baik.Gunakan  pilihan Last Known Good Configuration ini misalnya pada saat komputer tidak bisa melakukan booting. Apabila komputer tetap tidak bisa boting berarti backupcopynya juga telah korup.

Demikianlah catatan tentang Advance Boot Options, semoga bisa kita pergunakan sewaktu-waktu untuk melakukan troubleshooting pada kerusakan komputer.

Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *