Home » Hardware » Mengenal Ruckus Access Point ZoneFlex R320

Mengenal Ruckus Access Point ZoneFlex R320

  • by

Ruckus ZoneFlex R320 Series merupakan penerus Ruckus ZoneFlex R310 yang merupakan Wireless Access Point segmen entry level untuk kelas enterprise. Ruckus R310 sendiri adalah penerus Ruckus R300 yang sekarang sudah tidak dijual lagi dipasaran.

Perbedaan Ruckus R320 dengan Ruckus R310 adalah pada Ruckus R320 telah menggunakan standard Wi-Fi baru yang dikenal sebagai 802.11ac wave 2 yang membuat konfigurasi radio chain-nya memiliki konfigurasi 2×2 MU-MIMO (Multi User – Multi Input Multi Output). Selain itu jumlah concurrent users yang pada Ruckus R310 adalah 100 maka pada Ruckus R320 ini bisa mencapai 256. Rx sensitivity juga meningkat dari -99dBm menjadi -101dBm.

Spesifikasi Ruckus R320 :

  • Feature : 802.11ac Wave 2 dual-concurrent AP with BeamFlex
  • Wi-Fi technology : 802.11ac (5GHz) dan 802.11n (2.4GHz)
  • Maximum PHY rate : 867 Mbps (5GHz) 300 Mbps (2.4GHz)
  • Concurrent users : 256
  • Radio chains:streams : 2×2:2
  • Antenna patterns (per band) : 64
  • Antenna gain : Up to 3dBi
  • Rx sensitivity (2.4/5GHz) : -101dBm
  • ChannelFly : Yes
  • BeamFlex : Yes
  • SmartMesh : No
  • Ethernet ports : 1 x 1GbE
  • WLAN Control and Management : ZoneDirector, SmartZone, Unleashed, RUCKUS Cloud
  • Operating Temperature : 0 °C to +40 °C

Download Ruckus R320 Data Sheet disini

Radio Chains:Streams

Dalam deskripsi Access Point sering dilihat deskripsi produk dengan 2×2 atau 3×3. Ini mengandung arti Angka pertama adalah jumlah antena pengirim sedangkan angka kedua mengacu pada jumlah antena penerima. Untuk Ruckus R320 ini berarti memiliki 2 antena pemancar dan 2 antena penerima.

Sedangkan angka ketiga di akhir yang didahului oleh titik dua (misalnya 2×2: 2) mengacu pada jumlah aliran spasial (spatial streams) yaitu jumlah transmisi data nirkabel independen yang dikirim melalui antena pada saluran yang sama.

Teknologi MU-MIMO

Apabila pada Ruckus R310 yang masih menggunakan teknologi SU-MIMO, data hanya dapat dikirim ke satu perangkat / pengguna dalam satu waktu, maka dengan teknologi MU-MIMO memungkinkan data dapat dikirim ke beberapa perangkat/pengguna secara bersamaan pada satu waktu.

ilustrasi perbedaan teknologi SU-MIMO dengan MU-MIMO

Teknologi BeamFlex

Salah satu fitur utama Access Point Ruckus adalah teknologi BeamFlex Adaptive Antenna. Teknologi BeamFlex memungkinkan sistem antena dalam Ruckus AP untuk terus “merasakan” dan mengoptimalkan dengan kondisi lingkungannya. Sistem antena ini diklaim bisa mengurangi gangguan radio, kebisingan dan masalah kinerja jaringan, dan meningkatkan aliran aplikasi. Sehingga menghasilkan peningkatan kinerja dan jangkauan, kualitas video dan komunikasi suara yang jernih serta efisiensi daya yang dimaksimalkan. (https://www.ruckuswireless.com/rucktionary/beamflex).

Tidak seperti antena omni-directional yang memancarkan sinyal ke segala arah, BeamFlex secara khusus mengarahkan energi pancar ke jalur terbaik ke perangkat penerima. Teknologi BeamFlex memungkinkan Ruckus R320 untuk secara dinamis memilih di antara sejumlah pola antena (hingga 64 kemungkinan kombinasi) secara real-time untuk menetapkan kemungkinan koneksi terbaik dengan setiap perangkat. Hal ini menyebabkan jangkauan Wi-Fi yang lebih baik dan mengurangi gangguan RF.

Ilustrasi cara kerja BeamFlex bisa dilihat pada video dibawah :

ChannelFly

ChannelFly adalah salah satu fitur yang terdapat pada semua Access Point Ruckus. Merupakan teknologi manajemen chanel / saluran secara dinamis. ChannelFly berupaya meningkatkan kinerja jaringan wireless dengan secara dinamis mengalihkan klien ke saluran yang lebih baik ketika saluran yang digunakan mulai menurun atau terjadi gangguan.

Cara kerja ChannelFly adalah dengan memantau lingkungan RF secara konstan dan melakukan tes throughput (tidak hanya analisis spektrum) di semua saluran yang tersedia (tidak hanya chanel 1,6 dan 11 yang merupakan chanel paling sering digunakan pada frekuensi 2.4GHz) dan membandingkan hasilnya. Dan kemudian akan memindahkan client ke saluran / chanel yang berkinerja terbaik.

Demikianlah pengenalan singkat mengenai Ruckus Access Point ZoneFlex R32 beserta beberapa fitur yang ada didalamnya yang penulis rangkum dari berbagai sumber.

Last updated on February 29, 2020

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments