Home » Hardware » Mengenal Pengertian dan Cara Kerja BIOS

Mengenal Pengertian dan Cara Kerja BIOS

  • by

Mengenal cara kerja BIOS merupakan hal yang dapat membantu kita saat hendak melakukan troubleshooting pada kerusakan komputer. Seperti misalnya pada kasus komputer mati total ternyata bisa diatasi dengan cara mereset BIOS komputer. Dalam artikel ini kita akan mencoba mengenal BIOS lebih dekat.

Pengertian BIOS

BIOSBIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS)  yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan setingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

Fungsi utama BIOS

Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.

Cara Kerja BIOS  

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa fungsi utama BIOS adalah melakukan POST. Sedangkan urutan-urutan atau cara kerja BIOS adalah dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam proses ini kita bisa melihat jumlah memory yang terinstall, jenis hardisk dan kapasitasnya dan sebagainya.

BIOS kemudian akan mencari, menginisialisasi dan menampilkan informasi dari Graphics Card. Kemudian akan mengecek device ROM lain seperti hardisk dan kemudian melakukan pengetesan RAM yaitu memory count up test. Setelah  semua test komponen berhasil dilakukan, BIOS kemudian akan mencari lokasi booting device dan Sistem Operasi.

Mengenai cara kerja BIOS atau urutan-urutan apa saja yang dikerjakan BIOS pada saat melakukan POST ini bisa dibaca pada postingan mengenai urutan proses startup komputer.

Cara Akses BIOS

Untuk mengakses BIOS dapat kita lakukan dengan menekan tombol tertentu (biasanya tombol Delete atau F2) pada Keyboard pada saat pertama kali komputer dinyalakan. Akan terdapat tulisan misalnya “Pres F2 to enter setup”, maka langsung aja kita tekan tombaol F2 berulang-ulang.

Berikut ini adalah salah satu tampilan menu BIOS pada komputer :

Dari menu BIOS inilah kita bisa melakukan pengecekan hardware komputer seperti hardisk, memonitor kondisi komputer dan melakukan setingan lainnya seperti misalnya merubah urutan media yang digunakan untuk booting komputer.

UEFI Pengganti BIOS

Seiring dengan perkembangan tekonologi maka saat ini fungsi BIOS pada komputer sudah banyak digantikan oleh teknologi penerusnya yang disebut UEFI atau Unified Extensible Firmware Interface (UEFI).

Sebagian besar komputer yang ada sekarang ini sudah menggunakan UEFI daripada BIOS tradisional meskipun begitu pada UEFI juga menyediakan emulator BIOS sehingga apabila diperlukan kita tetap bisa menggunakan BIOS seperti biasanya.

Last updated on September 10, 2016

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments