Mengenal Macam-macam Hardisk Komputer

Secara sederhana sistem komputer bisa dibagi kedalam 3 bagian yaitu input – output device, media penyimpanan (storage device) dan unit pemrosesan data (Processor). Dalam artikel kali ini kita akan membahas salah satu media penyimpanan yang dikenal sebagai hardisk komputer. Media penyimpanan lainnya diantaranya adalah flash disk, CD/DVD, floppy disk dan SSD.

Hardisk adalah media penyimpanan yang mempunyai kapasitas yang besar. Umumnya komputer atau laptop saat ini sudah dibekali dengan hardisk minimal 500GB. Padahal penulis masih ingat, komputer pertama yang dimiliki mempunyai hardisk dengan kapasitas 4 GB saja.

Saat ini terdapat bermacam-macam hardisk dipasaran yang bisa dibedakan berdasarkan port / interface yang digunakan, berdasarkan fungsi atau peruntukannya, berdasarkan ukurannya dan berdasarkan kelasnya.

Macam – Macam Hardisk Berdasarkan Interface yang Digunakan

Interface hardisk yang digunakan akan mempengaruhi banyaknya data yang bisa dikirim

Berdasarkan port / interface yang digunakan, hardisk dibedakan mulai dari yang menggunakan konektor parallel atau yang biasa disebut Hardisk IDE atau ATA, kemudian muncul hardisk yang menggunakan interface serial atau Hardisk SATA dan Hardisk dengan konektor yang disebut SCSI (Small Computers System Interface) yang biasa digunakan sebagai hardisk untuk Server.

1. Hardisk IDE / ATA

IDE adalah singkatan dari Integrated Drive Electronics, IDE lebih dikenal sebagai ATA atau PATA (Paralel ATA). IDE adalah antarmuka (interface) standar untuk komputer IBM yang pertama kali dikembangkan oleh Western Digital dan Compaq pada tahun 1986 untuk hardisk yang kompatibel dan CD / DVD drive.

Hardisk IDE (Integrated Drive Electronics) mempunyai koneksi 40-pin yang mampu mentransfer 16 bit data sekaligus pada kabel data. Kabel data awalnya adalah 40 konduktor, tetapi kemudian menggunakan kabel 80 konduktor (2 kabel per pin) untuk mengurangi cross talk pada kecepatan tinggi.

2. Hardisk SATA

Hardisk SATA (Serial Advanced Tecnology Attachment) merupakan versi interface terbaru dari seri ATA. Saat ini hampir semua pengguna komputer beralih dari hardisk IDE ke hardisk SATA.

Hardisk SATA mempunyai koneksi 15 pin untuk koneksi kabel power yang nantinya terhubung dengan 4 kabel power dan 7 pin untuk koneksi kabel SATA seperti terlihat pada gambar dibawah.

Teknologi SATA saat ini sudah mencapai SATA III (revisi 3.x) atau yang dikenal sebagai SATA 6Gb / s dengan throughput bandwidth yang didukung hingga 600 MB / s dan mendukung panjang kabel hingga satu meter.

SATA III bersifat backward kompatibel dengan interface SATA II (SATA 3Gb /s) dan (SATA I SATA 1.5Gb/s). Sebagai contoh apabila sebuah hardisk SATA yang sudah mendukung interface SATA 6 Gb / s dan terhubung ke port SATA III, maka kecepatan baca tulisnya bisa maksimal yaitu hingga 600 MB perdetik. Namun, saat hardisk tersebut disambungkan ke port SATA II, maka kecepatan baca tulis maksimalnya mengikuti SATA II yaitu maksimal 300 MB perdetik.

3. Hardisk SCSI

SCSI adalah singkatan dari Small Computer System Interface merupakah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan juga perangkat lainnya.

Hardisk SCSI populer digunakan untuk keperluan server, workstation dan apple macintosh sekitar tahun 1990-an. Sama seperti Hardisk IDE, hardisk dengan interface SCSI saat ini sudah banyak beralih ke teknologi SATA.

4. Hardisk Serial Attached SCSI (SAS)

Merupakan hardisk khusus server dengan interface yang menggabungkan feature SCSI dan Serial ATA. SAS menggunakan port konektor mirip SATA dan transfer rate yang lebih baik.

Beberapa keunggulan SAS dibanding SCSI adalah :

  • SAS memiliki kompaibilitas dengan perangkat – perangkat sebelumnya (backward compatibility) misalnya dengan HDD SATA.
  • SAS memiliki domain dan ID khusus yang dinamakan Word Wide Name (WWN) yang bersifat unik dan dapat dikenali lewat network/internet (serupa dengan MAC Address pada LAN Card).

Selain tipe hardisk diatas, dipasaran juga kita mengenal hardisk eksternal atau biasa juga disebut hardisk portabel yang biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Berikut adalah beberapa Harddisk External Terbaik untuk Hiburan dan Pekerjaan, WD My Passport Portable Storage.

Last updated on April 1, 2021

Leave a Comment