Mengenal Kabel Jaringan Jenis UTP dan STP

Kabel UTP merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local (Local Area Network). Apabila dulu kita pernah menggunakan kabel coaxial untuk membuat jaringan LAN, maka saat ini sudah bisa dipastikan kabel UTP merupakan kabel “standard” untuk membuat sebuah jaringan LAN yang menggunakan teknology “ethernet” (standard IEEE 802.3).

Saat ini yang paling banyak dipakai untuk membuat jaringan local adalah kabel twisted pair jenis category 5e dan category 6 dan diterminasi dengan menggunakan konektor RJ45, contohnya seperti gambar dibawah.

Kabel UTP merupakan salah satu jenis dari kabel Twisted Pair, sesuai namanya Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan berpilin/terbelit (twisted pair) tanpa pelindung (unshielded). Fungsi lilitan ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi elektromagnetik.

Selain jenis kabel UTP ada juga kabel STP (Shielded Twisted Pair) yang fungsinya sama dengan kabel UTP tetapi biasa digunakan di outdoor karena kabel ini memiliki Shield atau pembungkus tambahan disetiap pasangan kabel yang berupa aluminium foil.

Perbedaan jenis kabel UTP dan STP bisa dilihat pada gambar dibawah:

perbedaan kabel UTP dan STP

Kategori Kabel Twisted Pair

Sebagai tambahan pengetahuan berikut ini adalah jenis-jenis kategori dari kabel Twisted Pair yang ada:

  • Kabel Twisted Pair Category 1
    Digunakan untuk komunikasi telepon (mentransmisikan data kecepatan rendah), sehingga tidak cocock untuk mentransmisikan data.
  • Kabel Twisted Pair Category 2
    Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps (Megabits per second)
  • Kabel Twisted Pair Category 3
    Digunakan pada 10BaseT network, mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1Mbps. 10BaseT kependekan dari 10 Mbps, Baseband, Twisted pair.
  • Kabel Twisted Pair Category 4
    Sering digunakan pada topologi token ring, mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 16 Mbps
  • Kabel Twisted Pair Category 5
    mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 100 Mbps,
  • Kabel Twisted Pair Category 5e
    mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 100 MHz.
  • Kabel Twisted Pair Category 6
    Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 200 MHz. Secara fisik terdapat separator yg terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut.
  • Kabel Twisted Pair Category 7
    Kabel LAN Cat7 memiliki shiled disetiap pasangan kabelnyanya. Kabel LAN Cat7 memiliki bandwidth transmisi minimal 600 MHz dan kecepatan transmisi 10 Gbps.
  • Kabel Twisted Pair Category 8
    Kabel Twisted Pair category 8 mampu mendukung bandwidth hingga 2 GHz (2000 MHz) untuk pemasangan kabel hingga 30 meter. Cat8 juga sudah mendukung kecepatan 25Gbps / 40Gbs.

Fungsi Masing-Masing Kabel / Pin RJ45

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6 sedangkan pin 4,5 dan 7,8 hanya digunakan apabila kabel dihubungkan ke perangkat POE (Power Over Ethernet).

Power over Ethernet
Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *