Mengenal jenis-jenis Komputer

  • Hardware
Personal Computer (PC) atau biasa kita sebut komputer saja merupakan jenis komputer yang biasa kita pakai sehari-hari. Sesuai namanya jenis komputer ini dibuat untuk keperluan pribadi untuk menunjang aktifitas keseharian kita baik dirumah, kantor, toko, warnet dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa jenis komputer yang dikategorikan sebagai Personal Computer :

1. PC Desktop
merupakan komputer yang paling banyak dipakai dan dapat kita bedakan menjadi 2 yaitu :

– PC Rakitan (komputer jangkrik)
Merupakan komputer yang dapat dirakit oleh kita sendiri atau biasa juga dirakitin sama toko penjualnya. Setiap komponen hardware dapat kita tentukan sendiri spesifikasi dan produsennya, tergantung dari keinginan dan budget- kita tentunya.

– PC Branded / Build Up, yaitu PC yang semua komponen hardware-nya dibuat / dilisensi oleh satu produsen tertentu saja (seperti misalnya IBM,ACR dan DELL). PC Branded relatif lebih mahal harganya daripada komputer rakitan hal ini bisa kita maklumi karena produsen menjamin garansi semua hardware.

2. Macintosh Power PC
Hampir sama dengan PC Desktop, hanya saja hardware dan software dibuat oleh satu produsen yaitu Apple. Banyak digunakan untuk aplikasi desain grafis dan animasi.

3. Laptop / Notebook
Biasa dipake oleh “Mas Tukul Arwana”, fungsinya sama seperti PC Desktop dengan desain seperti lipatan buku dan dilengkapi dengan baterai re-chargeable, untuk mobilitas yang lebih tinggi.

4. Netbook
Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Bentuknya lebih kecil daripada Laptop dan lebih berfungsi sebagai sebagai “pembaca document”.

5. Mac Book
Merupakan jenis Macintosh yang bentuknya seperti laptop dan tentu saja hanya diproduksi oleh Apple.

6. Ultra Mobile PC (UMPC)
UMPC bermula dari sebuah proyek yang dikembangkan oleh Microsoft yang dinamakan “proyek origami”. Microsoft merasa laptop yang ada saat ini mobilitasnya masih sangat kurang karena itu proyek origami ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah komputer ekstra mini yang bisa dibawa ke mana-mana, berlayar sentuh, dapat memutar film dan lagu, bermain game dan dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kantor. (http://id.wikipedia.org)

7. PDA (Personal Digital Assistant)

PDA merupakan sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain dari itu dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh. (http://id.wikipedia.org)
Itulah beberapa jenis dari Personal Computer yang sekarang banyak ditemui dan sudah merupakan gaya hidup dalam era informasi dan teknologi seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *