Mengenal Fragmentasi dan Defragmentasi Pada Hardisk

Pada awalnya setiap file-file ditulis pada suatu hardisk dalam lokasi yang tersusun rapi/ saling berdekatan, tidak ada free space (ruang kosong) diantara file-file tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, tidak hanya file-file baru saja yang terus mengisi hardisk, tetapi terjadi juga perubahan pada file-file lama, menjadi bertambah, berkurang bahkan terhapus.

Dampak dari aktifitas tersebut menyebabkan suatu kondisi dimana peletakan file-file tidak tersusun rapi lagi, dimana sering terdapat ruang kosong karena data yang terhapus dan peletakan potongan file baru yang tidak beraturan lagi. Hal ini yang menyebabkan ruang penyimpanan pada hardisk digunakan secara tidak efisien dan bisa mengurangi kapasitas penyimpanan. inilah yang biasa disebut dengan istilah “fragmentasi pada hardisk”.

Fragmentasi pada hardisk merupakan hal wajar dan tidak dapat dihindari. Tetapi dampak dari fragmentasi hardisk ini bisa menyebabkan komputer berjalan sangat lambat karena ada waktu tambahan untuk “mencari-cari” lokasi beberapa potongan file yang tersebar secara tidak beraturan tersebut.

Bagaimana cara mengatasi Fragmentasi Hardisk

Untuk mengatasi fragmentasi hardisk tersebut, yang harus kita lakukan tentunya adalah menyusun ulang kembali file-file yang tersimpan secara tidak beraturan tersebut yang diistilahkan dengan “defragmentasi hardisk”. Ilustrasi sederhana tentang fragmentasi dan defragmentasi pada hardisk dapat dilihat pada gambar dibawah:

fragmentasi dan defragmentasi hardisk

Seperti terlihat pada gambar, pada awalnya file terseusun secara rapih, kemudian setelah ada penambahan pada file pertama maka akan terjadi fragmentasi hardisk. Dengan menjalankan defragmentasi maka file-file dalam hardisk kembali tersusun secara rapih.

Untuk melakukan defragmentasi hardisk tersebut kita bisa menggunakan Tool bawaan windows atau menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga seperti defragler dan mydefrag.

Berikut cara untuk menjalankan apliaksi defrag hardisk dengan tool bawaaan pada windows 7:

  • Klik Start – All Program – Accessories – System Tools – Disk Defragmenter.
    defragmentasi hardisk di windows 7

     

  • Klik Analyze untuk melihat seberapa banayk persentase fragmentasi pada hardisk
  • Klik Defragment Disk untuk memulai men-defrag hardisk.
  • Apabila diperlukan kita juga bisa menjadwalkan defragmentasi hardisk dengan klik Configure schedule..
Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *