Mempercepat Waktu Booting Windows 7

Lamanya waktu booting merupakan kesan pertama dalam menentukan seberapa cepat kinerja windows 7 yang kita gunakan. Apabila waktu booting terasa lama, maka cap “windows lambat” langsung kita vonis ke komputer tersebut.

Apabila dalam artikel sebelumnya kita telah mengenal System Configuration Utility, maka kali ini kita akan melakukan perubahan sedikit (tweak) pada setingan system configuration utility ini untuk mempercepat waktu booting windows 7.

Cara Seting MS Config untuk Mempercepat Booting Windows 7

Berikut adalah langkah-langkah modifikasi msconfig untuk mempercepat waktu booting windows 7:

  1. Buka jendela System Configuration Utility dengan cara klik Start, pada kota Search programs and files ketik: msconfig

  2. Klik tab Boot, tampilannya tampak seperti gambar dibawah. Centang pilihan No Boot GUI, ini bertujuan untuk menghilangkan munculnya animasi logo Windows pada saat booting yang akan memberikan penghematan waktu booting windows 7.
  3. Selanjutnya masih pada tampilan jendela yang sama, klik tombol Advanced options, kemudian centang pada pilihan Number of processors lalu pilih angka paling besar yang menunjukkan jumlah core processor yang terdapat tersedia. Disini karena komputer saya masih menggunakan processor dual core maka angka maksimalnya cuma 2. Klik OK untuk kembali ke jendela utama msconfig windows7.
  4. Selanjutnya klik tab Startup yang akan menampilkan program-program apa saja yang di-load saat windows startup. Untuk mempercepat waktu booting windows 7 pastikan hanya program yang penting saja yang dipanggil secara otomatis. Untuk itu uncheck (jangan dicentang) program-program yang tidak perlu di-load secara otomatis saat windows booting. Kemudian klik OK
  5. Selanjutnya klik Restart dan coba rasakan perubahan waktu booting yang sekarang.

Demikianlah cara mempercepat waktu booting windows 7 dengan melakukan sedikit perubahan setingan terhadap system configuration. Selamat mencoba..

Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *