Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

Artikel kali ini masih membahas tentang cara sharing koneksi internet pada laptop. Klo dalam postingan kemaren kita telah mengetahui bagaimana cara sharing internet via WiFi di Windows 7, maka dalam artikel ini kita akan memanfaatkan sebuah aplikasi yang bernama Connectify untuk lebih memudahkan kita melakukan share koneksi internet menggunakan WiFi laptop.

connectify

Sesuai dengan slogan di websitenya Connectify – Your Hotspot Your Way, dengan aplikasi ini seakan-akan kita bisa membuat laptop menjadi hotspot. Ya, dengan Connectify kita dapat dengan mudah membuat jaringan wireless yang aman untuk saling terhubung dan sharing koneksi internet agar koneksi internet di laptop kita bisa dinikmati pula oleh teman-teman atau kerabat kita melalui laptop atau mobile device mereka.

Software Connectify ini terdapat 2 versi yaitu yang Lite (Free) dan yang Pro. Dalam artikel cara membuat laptop menjadi hotspot ini saya akan mencoba yang versi lite aja yang mempunyai fitur-fitur sebagai berikut:

  • Software Access Point
  • Share Internet from other WiFi Networks
  • Display Connected Computer/Devices
  • Simple Firewall Controls
  • Share WiFi from 3G/4G Networks (limited)
  • “Scannify” Service Discovery (web only)

Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

  1. Siapkan aplikasi Connectify dari situsnya: http://www.connectify.me/
  2. Setelah diinstal jalankan aplikasinya, isi nama SSID Hotspot dan Password untuk mengaksesnya. Pada bagian Internet pilih tipe koneksi internet yang akan dishare. Karena kebetulan laptop saya koneksi internetnya dapet dari WiFi, maka pada bagian Internet ini saya memilih  Wireless Network Connection. Pada bagian Advanced biarkan saja apa adanya, kemudian klik tombol Start Hotspot untuk memulai membuat laptop menjadi hotspot.
    sharing koneksi internet dengan connectify

  3. Sekarang laptop Anda sudah berubah menjadi hotspot, silahkan ajak temen-temen untuk mencoba internetan lewat hotspot Anda tersebut. Untuk mengetahui siapa aja yang terhubung ke hotspot Anda, klik tab Clients. Pada gambar dibawah terdapat 2 devices yang terhubung ke hotspot laptop.
    membuat laptop menjadi hotspot

Sejauh ini membuat laptop menjadi hotspot dengan aplikasi Connectify ini berjalan dengan lancar. Dalam percobaan ini saya menggunakan laptop Dell Vostro 3530 dengan Windows 7 64 bit sebagai sistem operasinya (Connectify ga support Vista atau Windows XP). Bagi temen-temen yang punya pengalaman dengan software Connectify ditunggu sharing’nya ya..

80 thoughts on “Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot”

  1. lapor….
    laptop saya dell inspiron 1440 windows 7 pro,da nyoba pake connectify seperti yang mas saranin…internetnya dari modem smartfren zte….
    but…
    kok, wireless sy ga bisa di fungsiin ya? mungkin karena udah nancap modem ato karna ga bs jalan dengan connectify…

    mohon pencerahannya….

  2. harusnya sich ga masalah, coba dilepas dulu modemnya dan pastiin wireless laptop dah bisa berfungsi terlebih dahulu.
    Saya pernah coba, meskipun ga pake modem aplikasi connectify tetep bisa dijalankan (untuk sekedar file sharing..)

  3. ya gan,,tpi udh bisa di insstal..ckrng da lagi gan,,settingnya yang gag bisa di'isi..user ma pasword…trus disuruh pake pro gmn gan,,thanks ya gan..mohon bantuanya

  4. coba cek setinganny:
    – Internet to Share: pilih koneksi internet kita saat ini, misal klo kita dapet internetnya lewat koneksi kabel LAN, maka pilih adafter Ethernet Card.
    – Advanced Seting: Share Over: pilih WIFI.
    Sharing Mode pilih WPA2 atau WEP
    – untuk melihat perbedaan fitur lite (free) dan yang pro visa dicek di: http://www.connectify.me/features/

  5. stlah gw start hotspot kluar wi-fi is disable. pres fn+f2 enable, sltah gw pncet itu masih aja gabisa, itu knpa ya mas ?>mhon bantuan nya dong

  6. kok beda sama di punya ane gan di "internet to share"
    kalo di gambar blog ini cuma "internet"
    jadi di lepi ane udah kedetek wifi nya cuma ne internet acces. padahal modem jelas sudah konek.

  7. @ Rizal: untuk program versi terbaru memang tulisan "internet" telah menjadi "internet to share". Jadi klo koneksi internet laptop kita menggunakan USB Modem maka pilihlah USB modem tersebut pada bagain "internet to share" ini..

  8. untuk B…
    settingan manualnya klik control panel.
    pada Hardware and sound, klik adjust commonly used mobility settings.
    lalu klik turn on wireless…
    itu kalo Fn+function nya ga fungsi..
    tapi biasanya setelah manual.. fn+f2 fungsi lagi..

  9. tanya mas,
    saya pake ASUS A43E, win7 64bit, modem flexi, client blackberry
    kalau connect bb ke hotspot bisa, tapi pas buka internet gak bisa "unable server" kaya gak ada jaringan internet, kenapa ya kira2 mas?,

  10. lapor gan…
    saya sudah install conectifynya tp kok munculnya waktu start hotspot kluar wi-fi is disable. pres fn+f2 enable, sltah ane pncet enable wi-fi itu masih aja gabisa, itu knpa ya gan? mohon pencerahannya

  11. numpang nanya. saya sudah membuat laptop jadi sumber hotspotnya trus saya gunakan wifi blackberry tuk mencari tapi jaringannya wifinya tidak ketemu. mohon bantuan

  12. gan aplikasi nya udh ane download dan berjalan lancar, tpi pas ane buka browser gk bisa konek gan, saya cek di komputer saya ternyata wifi hotspot nya tidak ada internet acces disitu ada keterangan "no internet access" mohon penjelasan nya yha gan πŸ™‚

  13. saya juga pakai ini, untuk fitur koneksi internet laptop yg pake modem cuman bisa di versi pro-nya. Banyak kayaknya yg ngasih patchnya biar jadi pro, tp waktu saya kopi patch nya, malah di detect sbg malware sama 2 antivirus saya.
    namanya jg gratisan bro

  14. mau tanya gan…?
    saya sudah instal conectify pro tapi computer saya tiba2
    lemot mau restar juga harus nunggu beberapa menit begituh pun
    waktu mau start apa yah maslah nya
    tolong di kasih tau gan
    terima kasih

  15. mau tanya gan…?
    saya sudah instal conectify pro tapi computer saya tiba2
    lemot mau restar juga harus nunggu beberapa menit begituh pun
    waktu mau start apa yah maslah nya
    tolong di kasih tau gan
    terima kasih

Please Login to Comment.