Enkripsi File: Proteksi File di Windows XP

Dalam postingan mengenai NTFS File System telah kita ketahui bahwa NTFS mempunyai berbagai kelebihan diantaranya adalah adanya fitur enkripsi file. Sebuah file atau folder pada komputer yang telah kita enkripsi ( mempunyai encrypt attributes) hanya dapat dibuka pada komputer tersebut oleh user account kita. Dibawah ini adalah cara untuk membuat sebuah file atau folder yang terenkripsi :
  1. Klik kanan pada file atau folder yang akan kita enkripsi, klik Properties.
  2. Klik tombol Advanced untuk membuka jendela advance attributes file tersebut, lali klik pada pilihan Encrypt contents to secure data, seperti gambar diatas.
  3. Klik OK dan klik OK sekali lagi.
  4. Selesai.
File tersebut sudah terenkripsi dan ditandai dengan nama file tersebut yang berubah menjadi hijau di Windows Explorer.

Catatan : Karena file hanya bisa dibuka oleh account kita di komputer tersebut, maka apabila hardisk yang menyimpan system operasi windows diformat ulang, maka file tersebut tidak bisa dibuka. Untuk mengatasinya kita harus membackup terlebih dahulu encyption key user account kita dan me-restorenya kembali.

Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *