Mengenal SSL (Secure Socket Layer)

  • Admin 
Mengenal SSL - Secure Socket Layer

Apa itu SSL (Secured Socket Layer)

SSL (Secured Socket Layer) adalah sebuah teknologi enkripsi (persandian) yang dikembangkan pertama kali oleh perusahaan jasa Netscape pada tahun 1994 untuk mengamankan protokol HTTP (memastikan bahwa komunikasi antara web server dengan client berlangsung secara aman dan dienkripsi).

Apabila Anda mempunyai situs misalnya untuk bisnis online, untuk mengaktifkan SSL pada situs tersebut, anda perlu memasang sertifikat SSL yang sesuai dengan server dan situs anda. Website yang sudah mengaktifkan SSL ini maka alamatnya (protokol yang digunakan) berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website tersebut.

SSL menawarkan tiga tingkat keamanan, yaitu:

  • Authentication:
    Memastikan bahwa message yang diterima berasal dari seseorang yang tersurat
  • Confidentiality:
    Melindungi pesan dari suatu usaha pembacaan oleh penerima yang tidak berhak disepanjang perjalanannya.
  • Integrity:
    Memastikan bahwa pesan asli, tidak mengalami perubahan dalam perjalanannya.

Apa itu CA (Certificate Authority)

Certificate Authority (CA) adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat digital atau SSL tersebut kepada perusahaan, lembaga atau individu lain setelah melalui proses verifikasi. CA harus menyimpan informasi tentang apa yang sudah diterbitkan dan informasi apa yang digunakan untuk menerbitkannya, dan secara rutin diaudit untuk memastikan semuanya sudah sesuai prosedur. Setiap CA memiliki Certification Practice Statement (CPS) yang berisi prosedur yang harus dijalankan dalam memverifikasi setiap permohonan sertifikat yang masuk. Saat ini dikenal beberapa CA, diantaranya adalah Verisign yang sekarang diakuisisi oleh Symantec Corp, Comodo, Entrust, GlobalSign dan lain sebagainya.

Cara Memilih SSL

SSL bisa kita dapatkan dengan membelinya secara langsung dari perusahaan Certificate Authority, atau bisa juga dengan membelinya dari jasa penyedia SSL atau penyedia hosting Anda, bahkan ada juga SSL gratis yang disediakan oleh Let’s Encrypt. SSL juga banyak jenisnya dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang Anda perlukan.

Please Login to Comment.