Home » PC Repair » Cara Instal dan Update Driver Komputer Secara Otomatis

Cara Instal dan Update Driver Komputer Secara Otomatis

Temen-temen yang sering ngoprek komputer tentu tidak asing lagi dengan istilah “driver”. Driver adalah suatu file yang berfungsi agar komponen hardware yang terpasang pada komputer dapat bekerja dengan baik. Contohnya adalah driver untuk Sound Card, tanpa driver yang cocok maka sound card tidak dapat mengeluarkan suara. Begitu juga dengan VGA Card, tanpa driver yang sesuai maka resolusi dan kualitas gambar yang ditampilkan pada monitor menjadi tidak optimal.

Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah bahwa driver yang kita install harus benar-benar sesuai dengan hardware yang terpasang. Ketidaksesuaian driver dengan hardware ini biasanya menjadi penyebab komputer sering bluescreen atau restart sendiri yang akhirnya bisa merusak perangkat komputer secara keseluruhan.

unknown device

Untuk menginstall driver komponen hardware ini biasanya dapat kita temukan dalam CD yang disertakan ketika kita membeli komponen tersebut, tetapi bagaimana kalo kita tidak mempunyai CD driver atau bahkan tidak
mengetahui komponen apa yang harus kita install drivernya? Misalnya saja komponen hardware yang terlihat pada jendela device manager hanya memunculkan “unknown device” seperti pada gambar diatas.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka driver-driver yang sudah ada pun sebaiknya kita update. Hal ini karena driver yang telah usang bisa saja tidak menunjang kerja dari software aplikasi yang usianya masih baru sehingga bisa menyebabkan menurunnya performa atau bahkan menyebabkan crash pada komputer.

Dalam artikel ini saya akan share tentang bagaimana cara untuk menginstal driver secara cepat, mudah dan otomatis, yaitu dengan menggunakan beberapa program seperti yang akan dibahas dibawah ini. Satu hal yang kita butuhkan adalah akses internet yang stabil untuk mendownload driver yang dibutuhkan.

1. Instal Driver Komputer dengan DriverEasy.

Program ini akan men-scan hardware yang terpasang pada komputer dan mencarikan driver yang cocok untuk hardware tersebut. Dengan 3 langkah yaitu Scan, Download dan Instal maka menginstal atau mengupdate driver menggunakan DriverEasy ini menjadi lebih mudah.

Salah satu kelemahan aplikasi ini adalah dalam versi Free, kecepatan download kita dibatasi sehingga saat download driver akan tersa lebih lama.  

Download DriverEasy: http://www.drivereasy.com/

2. Update Driver Secara Otomatis dengan Driver Booster

Aplikasi selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk meng-update driver komputer secara otomatis adalah Driver Booster. Pada versi freeware-nya bahkan kita tidak perlu mendownload tiap driver satu persatu, meskipun untuk kecepatan downloadnya tetap dibatasi dan untuk mendoanload driver lainnya kita harus upgrade ke versi Pro.

Driver boster ini dapat memeriksa seluruh driver dengan sekali klik dan apabila ditemukan driver yang lebih baru, maka kita bisa mengupdatenya cukup dengan klik tombol “update”. Proses update ini dilakukan di background process sehingga tidak mengganggu aktifitas kerja kita.

Download DriverBooster: http://www.iobit.com/driver-booster.php 

3. Update Driver dengan DriverMax.

Berikutnya adalah aplikasi DriverMax. Saya pernah menggunakan aplikasi ini saat ada sebuah device yang tidak bisa diinstall drivernya dengan software drivereasy dan driver booster. Dalam versi freeware-nya kita hanya bisa mendownload 2 driver saja perharinya.

 Download DriverMax: https://www.drivermax.com/

Last updated on November 8, 2014

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments