Cara Setting Virtual Memory (Pagefile) di Windows 10 Secara Manual

Pagefile di Windows 10 adalah file sistem tersembunyi dengan ekstensi .SYS. Biasanya file pagefile.sys ini disimpan di drive sistem komputer C:\. Pagefile ini berguna untuk mengurangi beban kerja physical memory (RAM) yang terpasang sehingga komputer bisa bekerja dengan lancar.

Sederhananya, setiap kali komputer membuka lebih banyak aplikasi daripada yang dapat diakomodasi oleh RAM, maka program yang sudah ada dalam RAM secara otomatis ditransfer ke Pagefile. Proses ini secara teknis disebut Paging. Karena Pagefile berfungsi sebagai RAM sekunder, maka biasa disebut juga sebagai Virtual Memori.

Ukuran minimum Pagefile ini adalah 1,5 kali dari memory fisik dan maksimum 4 kali dari jumlah memori fisik yang dimiliki oleh komputer. Misalnya, jika memory komputer yang saat ini terpasang adalah sebesar 4 GB, maka ukuran Pagefile minimum adalah 6 GB dan maksimum bisa mencapai 16 GB.

Secara default, Windows 10 akan otomatis mengatur Pagefile ini sesuai dengan konfigurasi komputer dan RAM yang ada di dalamnya. Namun, jika suatu saat kita menghadapi kelambatan saat bekerja pada Windows 10, atau windows 10 mengalami bluescreen dengan error : PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA atau KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR, maka mengatur ukuran Pagefile secara manual adalah hal pertama yang bisa kita lakukan.

Berikut ini adalah cara seting Pagefile secara manual di Windows 10 :

  • Buka aplikasi Run dengan cara mengetik “Run” pada kotak pencarian / search box di pojok kiri Taskbar
  • Ketik : SystemPrpopertiesAdvanced

  • Akan muncul jendela System Properties, pada bagian Performance klik Settings…
  • Selanjutnya muncul jendela Performance Options, pada bagian Virtual Memory, klik Change…
  • Hilangkan tanda centang / unchek pada pilihan Automatically manage paging file size for all drives dan isi bagian Initial dam Maximum Size seperti pada contoh gambar dibawah:
  • Klik OK dan Restart Komputer.

Demikian tips cara seting virtual memory (pagefile) di windows 10 secara manual, Apabila windows 10 masih mengalami kelambatan coba untuk menjalankan update secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *