Home » Tips » Cara Sembunyikan File Rahasia di Komputer

Cara Sembunyikan File Rahasia di Komputer

  • Tips

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyembunyikan file rahasia yang terdapat pada hardiks komputer. Secara default sistem operasi Windows juga sudah mempunyai fitur properti untuk menyembunyikan file atau folder yaitu dengan mengaktifkan attribut hidden, seperti terlihat pada gambar dibawah.

Cara menyembunyikan file atau folder dengan mengaktifkan attribute hidden ini merupakan cara yang paling sederhana, dan apabila user yang tahu lokasi folder path-nya misal dalam contoh ini D:\CATATANTEKNISI maka bisa langsung mengetiknya pada address bar seperti berikut:

Selain itu apabila setingan Show hidden files, folders and drives di Folder Options di uncheck, maka seluruh file atau folder yang telah kita hidden akan terlihat.

Dalam postingan berikut ini kita akan menggunakan beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menyembunyikan file rahasia yang kita buat di komputer.

1. Menyembunyikan File Rahasia dalam Gambar

Aplikasi yang satu ini mungkin berguna bagi Anda yang ingin menyembunyikan sebuah file terkompresi (.zip, .rar, .7z dsb) ke dalam sebuah filegambar dengan format .jpg, nama aplikasinya adalah JPG+File Binder. Dengan bantuan JPG+File Binder ini, file yang kita sembunyikan tidak mudah diketahui oleh orang lain, karena yang terlihat hanyalah file gambarnya saja. Contohnya seperti pada gambar catatanteknisi.jpg dibawah ini.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara menyembunyikan file ke dalam gambar, berikut sedikit penjelasannya:

  • Download terlebih dahulu aplikasi JPG+FileBinder disini
  • Jalankan aplikasinya, tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah:
catatanteknisi.jpg
  • Klik tombol Picture untuk memilih file gambar .jpg yang kita sukai
  • Klik Compressed File untuk memilih file yang akan kita sembunyikan 
  • Klik Output Picture File untuk menentukan nama dan lokasi tempat penyimpanan output file.

Dalam contoh ini saya menggunakan apliksi ini untuk menyembunyikan file readme.zip kedalam gambar catatanteknisi.jpg seperti gambar diatas. Aplikasi ini bersifat portable, dapat dijalankan tanpa perlu diinstall dan bisa berjalan pada semua versi sistem operasi Windows.

Yang perlu diperhatikan bahwa software ini tidak akan mengenkripsi atau mengamankan file yang disembunyikan tersebut. Sehingga untuk meningkatkan keamanan kita perlu mengenkripsi file yang terkompresi tersebut sebelum disembunyikan dengan metoda ini.

2. Menyembunyikan File atau Folder Rahasia dengan menggunakan Secret Disk

Secret Disk seolah-olah akan membuat sebuah partisi (drive rahasia) dimana kita akan menyimpan file rahasia kedalam drive tersebut. Untuk mengakses disk rahasia ini kita cukup memasukkan password yang telah kita tentukan. Secret Disk tidak mengenkripsi file-file yang kita simpan, hanya membatasi akses ketempat penyimpanan file tersebut. Aplikasi ini dapat berjalan pada semua versi sistem operasi Windows.

Beberapa fitur dari aplikasi Secret Disk diantaranya adalah:

  • Membuat disk terpisah untuk tempat peyimpanan file pribadi kita.
  • Disk rahasia tersebut hanya dapat kita akses dengan menggunakan PIN.
  • Ketika kita me-lock disk rahasia tersebut, disk tersebut dan seluruh isinya tidak akan terlihat.
  • Disk rahasia Anda akan secara otomatis disembunyikan selama reboot atau shutdown (termasuk kegagalan daya).
  • Disk rahasia Anda dapat secara otomatis hilang jika meluncurkan screensaver, atau Anda logoff Windows.
  • Setiap disk rahasia Anda dapat secara otomatis dibuka pada startup Windows.
  • Pada versi gratisnya , kita hanya bisa membuat 1 buah disk virtual dengan batasan maksimal 2GB.

Untuk menyembunyikan File atau Folder dengan aplikasi Secret Disk ini, berikut langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi Secret disk disini
  2. Install dan jalankan aplikasinya. Saat pertama dijalankan Secret Disk akan meminta kita memasukkan 4 digit PIN, masukan PIN 2 kali kemudian klik Set new PIN.

  3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah, dimana dalan versi gratis nya kita hanya bisa mempunyai 1 buah Disk Virtual. Untuk lanjut ke step 5 Double klik pada drive Z tersebut.

  4. Untuk melakukan pengaturan terhadap aplikasi ini Klik tombol Settings , dalam jendela Setting ini ada beberapa opsi tambahan yang bisa kita check. Klik Save untuk menyimpan perubahan.


  5. Pada jendela ini kita akan membuat Secret Disk, dalam versi gratisnya kita tidak bisa mengubah drive Letter. Disini kita juga bisa menambahkan Password apabila diperlukan. Selanjutnya klik Open disk.


     
  6. Lihat di windows explorer, akan terbentuk partisi baru (drive Z), dimana disitulah file-file rahasia kita simpan.


  7. Untuk meyembunyikan kembali disk rahasia ini, buka kembali aplikasi Secret Disk atau klik icon Secret Disk pada system tray, dan setelah jendela Secret Disk terbuka klik tombol Close disk

Dari gambar langkah no 6, terlihat bahwa Secret Disk secara otomatis akan menggunakan sebagian dari partisi system disk yang aktif (drive C) sebagai tempat penyimpanan file rahasia, sehingga kita tidak bisa memilih partisi hardisk yang lain misalnya drive D atau eksternal hardisk. Apabila hendak menguninstall aplikasi ini maka semua data pada disk rahasia harus kita backup terlebih dahulu, karena file-file tersebut akan ikut terhapus.

3. Menyembunyikan File atau Folder dengan Secure Folder Portabel

Secure Folder Portable merupakan aplikasi portabel sehingga bisa digunakan lewat USB Flashdisk yang dapat kita gunakan untuk mengamankan folder dengan sebuah password. Program ini mengimplementasikan 256-bit AES (Rijndael) untuk mengenkripsi file. Dengan beberapa klik, dijamin folder tidak dapat dihapus, diganti namanya, folder tidak bisa dipindahkan, disalin, dimodifikasi dan diakses.

Untuk aplikasi Secure Folder yang pernah saya coba adalah versi 5.6 . Berikut cara mengamankan folder dengan password menggunakan Secure Folder:

  1. Download aplikasi secure folder dari softpedia
  2. Ekstrak dan jalankan file SecureFolder.exe
  3. Isi password pada tampilan seperti berikut:


  4. Selanjutnya klik tombol Add untuk menambahkan folder yang akan kita amankan.


  5. Pilih metode yang akan digunakan dengan cara mencentang beberapa opsi, Lock, Hide, Encrypt

Untuk membuka folder yang telah diamankan dengan Secure Folder lakukan sebagai berikut:

  1. Jalankan kembali aplikasi SecureFolder
  2. Masukkan Password seperti yang telah dibuat
  3. Pilih folder yang akan dibuka, lalu klik Open

  4. Untuk keluar klik File, kemudian Lock & Exit

Demikian beberapa cara untuk menyembunyikan file atau folder yang ada dalam komputer sehingga tidak mudah ditemukan oleh orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *