Cara Reset BIOS Motherboard Komputer

Cara Reset BIOS Motherboard Komputer ini merupakan salah satu langkah dasar yang seringkali dilakukan dalam proses perbaikan komputer. Meskipun saya yakin sebagian besar pembaca blog catatanteknisi ini telah mengetahui bagaimana cara mereset BIOS komputer yang benar, tetapi ga ada salahnya  saya tulis kembali dalam catatan kali ini.

Meskipun terlihat sepele, tetapi langkah mereset BIOS yang salah dapat menyebabkan BIOS atau komponen motherboard lainnya rusak, setidaknya itulah yang pernah saya alami. Berikut adalah langkah-langkah cara mereset BIOS yang benar yang saya kutip dengan beberapa perubahan dari artikel Cara Reset BIOS majalah Chip edisi 02/2012.

cara reset BIOS

Langkah-langkah  Cara Reset BIOS Komputer:

  1. Pastikan Komputer sudah tidak terhubung ke sumber listrik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencabut kobel power dari stop kontak dan juga mencabut kabel power supply (24-pin power cable) dari motherboard komputer.
  2. Tunggu beberapa saat untuk memastikan arus listrik telah hilang. Untuk mempercepat hilangnya (membuang) sisa arus listrik pada motherboard tersebut, kita dapat menekan tombol power on pada komputer.
  3. Cari tombol atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS. Untuk jumper ini ada yang terdiri dari 3 pin dan 2 pin. Untuk meng-clear CMOS atau mereset BIOS, tekan tombol reset tersebut. Untuk yang tipe jumper 3 pin, pindahkan posisi jamper ke sisi lainnya sedangkan tipe jumper 2 pin, maka kita tinggal menjumper kedua pin tersebut, klo kesulitan mencari jumper standar, gunakan saja obeng untuk menjumper pin tersebut. Intinya adalah agar kedua pin menjadi terhubung (short). Biarkan beberapa detik dalam posisi tersebut.
  4. Setelah itu pindahkan kembali posisi jumper ke posisi semula untuk yang tipe 3 pin atau cabut jumper untuk tipe 2 pin. Masukan kembali kabel power supply motherboard. Pastikan semua terangkai dengan benar kemudian barulah menghubungkan komputer ke listrik PLN. 
  5. Nyalakan kembali komputer. Apabila reset BIOS berhasil maka setingan BIOS akan kembali ke posisi semula. Dan pada kasus kerusakan komputer tidak bisa booting, setelah BIOS di reset, biasanya komputer akan bisa booting kembali.
  6. Apabila reset BIOS tidak berhasil, lakukan kembali langkah 1-2, kemudian cabut baterai BIOS dan lakukan kembali langkah 3-5.
  7. Apabila berhasil juga, ulangi kembali langkah 1-2, cabut semua kabel power supply pada motherboard, lepas baterai BIOS dan Memory (RAM) Komputer. Ulangi langkah 3-5.
  8. Langkah terakhir untuk mereset BIOS apabila cara diatas belum berhasil juga adalah kembali lakukan langkah 1-2, kemudian lepas semua komponen pada motherboard yaitu Processor, RAM dan Card tambahan lainnya seperti VGA Card. Bersihkan kembali motherboard dari kotoran dan ulangi langkah 3 diatas, kali ini diamkan dulu selama 30 menit. Kemudian baru ulangi langkah 3-5.

Demikianlah langkah-langkah cara reset BIOS pada motherboard komputer. Semoga berhasil…

Share Artikel
Tags:

36 thoughts on “Cara Reset BIOS Motherboard Komputer”

  1. ilmux bgus bget bg… btw abg tau gk cra memperbaiki hdd yg rusak badblock nya,,, ntu hdd klau di conectkan ke com (sambung lewat kbel converter sata) gak mau conect trus ada bunyi klik-klik-klik di dalemnya… thnkz

  2. Mass Broo ane punya masalah dengan Kompi ane,…
    Pertama kali untuk Kompi On, Monitor Hidup "ada sinyal".
    Tetapi setelah ane restar lagi, Monitor tidak menampilkan apa-apa.
    setelah ane matikan kompinya.. selang waktu sejam gitu ane coba hidupkan lagi,… alhasil monitor hidup lagi tetapi pas restar lagi Monitor tidak menampilkan apa-apa. Solusinya gimana to bro…

  3. Ada gak cara reset bios laptop yg dipassword dengan cara yg simpel bro?

    Pernah nemu program yg bisa reset bios lewat DOS, tp hanya berhasil dicoba pada Desktop PC. Untuk biso laptop belum berhasil.

  4. Bang,.klo PC nyala,.(kipas processor nyala),,,tp ga ada suara beep dan ga ada tmpilan apa2 di monitor(ga bisa masuk BIOS),.itu kerusakan apa yaa,..trus ada solusi ga Bang,..
    makasih s'blom'Y…

  5. Gan, klo BIOS tiba2 gak mw mncul setelah gua tambah HDD 1 TB, udah gua lepas HDDx tp mdh tetep aja. gua udah reset BIOS. tp belum ada hasil. mainboard yg gua pakai lenovo.
    tolong solusinya ya gan?

  6. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll
    Bagaimana dengan biayanya ?

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

  7. gan ada yg tau cara mengatasi RAM DDR3-B1 yg tdk terinstal…. waktu windows xp RAMnya 4GB tapi pas instal win7 32-bit RAM nya cuman 2GB dikarenakan RAM DDR3-B1 nya tdk terinstal…. pas instal win7 64-bit hasilnya masih tetap sama gan… ada ygtau cara mengatasinya??

  8. Bru ad mslh pd Pc trus ane googling dn nemu blog ni. Tpi gk susah di pahami kata2 dn tutor. Jdi di pahami dn ikuti akhir.a pc q normal lg gan. Thank you very…..very much gan…. lnjutkan berkarya gan..????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *