Cara Repair Windows Tanpa Install Ulang

Ada banyak software yang bisa kita gunakan untuk memperbaiki kerusakan Windows. Salah satunya yang pernah saya ulas adalah software XP Quick Fix (untuk memperbaiki Windows XP) atau 7 Quick Fix (untuk memperbaiki Windows 7). Selain software tersebut minggu kemarin saya telah mencoba sebuah software yang berfungsi hampir sama yaitu software Windows Repair (All In One).

Beberapa kerusakan Windows yang dapat diperbaiki oleh Windows Repair ini diantaranya adalah:

  • Reset Registry Permissions
  • Reset File Permissions
  • Register System Files
  • Repair WMI
  • Repair Windows Firewall
  • Repair Internet Explorer
  • Repair MDAC & MS Jet
  • Repair Hosts File
  • Remove Policies Set By Infections
  • Repair Icons
  • Repair Winsock & DNS Cache
  • Remove Temp Files
  • Repair Proxy Settings
  • Unhide Non System Files
  • Repair Windows Updates
  • Repair CD/DVD Missing/Not Working

Windows Repair

Berbeda dengan XP Quick Fix yang langsung memperbaiki windows dengan sekali klik, aplikasi Windows Repair memberikan kita guide berupa tahap-tahap yang sebaiknya kita lakukan dalam melakukan perbaikan Windows, yaitu:

  1. Membersihkan Computer dari Malware, virus dan sebagainya.
    Pada tahap ini kita akan diberikan link untuk mendownload antivirus dan malware cleaner. Apabila Anda yakin komputer tidak terinfeksi virus maka langkah no 1 ini bisa diabaikan.
  2. Memperbaiki kerusakan File System pada Hardisk.
    Langkah kedua adalah pengecekan hardisk dari adanya file system yang error. Tool yang digunakan adalah utility Check Disk bawaan Windows yang terbukti cukup ampuh untuk memperbaiki kerusakan file system hardisk. Sebaiknya lakukan saja langkah pengecekan file system ini. Sebagai catatan untuk melakukan langkah ini diperlukan CD Installer Windows XP.
  3. Menjalankan System File Check (SFC).
    Langkah selanjutnya yang juga sebaiknya kita lakukan untuk memperbaiki kerusakan windows adalah dengan menjalankan tool System File Checker. System file checker berfungsi untuk melakukan pengecekan pada seluruh file windows dan memperbaikinya bila ada kerusakan.
  4. Registry Backup & System Restore.
    Langkah terakhir sebelum melaukan perbaikan windows adalah dengan membuat System Restore Point dan Registry Backup, untuk jaga-jaga apabila proses perbaikan system windows tidak berjalan mulus.
  5. Start Repair Computer.
    Dalam langkah Repair Windows ini ada 3 opsi yang dapat kita pilih yaitu Basic Mode, Advanced Mode dan Custom Mode. Selanjutnya klik Start untuk memulai.

Aplikasi Windows Repair ini pada dasarnya bekerja dengan melakukan re-seting (seting kembali) system Windows ke kondisi semula. Dengan begitu kita bisa merepair Windows tanpa perlu install ulang. Walaupun demikian, tidak semua kerusakan windows bisa diperbaiki oleh aplikasi Windows Repair ini, bila kerusakan terlalu parah, langkah install ulang Windows tidak bisa dielakkan.

Tertarik untuk mencoba aplikasi Windows Repair (3.9MB), download aplikasinya [disini]

44 thoughts on “Cara Repair Windows Tanpa Install Ulang”

  1. mas..
    saya mau tanya..
    administrator saya tidak bisa di enable,,,

    kalau mau instal software,,
    saya harus login lewat administrator sedangkan administrator gak bisa di enable kan,,

    supaya administrator dapat di enable kan lagi..
    caranya bagaimana yah..

  2. bro.. komputer saia susah buat di nyalain.. jadi pertama kali di nyalain trus loading windows.. tiba" mati lagi.. padahal kipas proc dll masi tetep jalan.. jadi harus di reset baru nyala.. trus kadang" pertama x di nyalain blue screen.. itu biasanya gara" apa ya ?? padahal kompie baru beli skitar sebulan lalu..

  3. mas mau nanya …
    komputer saya kemaren salah nge'remove pda control panel di 'add and remove'
    trus setelah ke'remove komputer saya tiba tiba mati sendiri,setelah nyala komputer saya berubah jadi lemot banget ketika buka aplikasi / buka internet….
    gimana mas tolong solusinya…

  4. untuk mengatasi file error sytem 65535:

    – jalankan safe mode (tekan F8 waktu booting, pilih safe mode)
    – Jalankan Command Prompt sebagai administrator (klik Start – All Proram – Accessories – klik kanan pada Commnad Prompt, pilih Run As Administrator)
    – ketik: sfc /scannow (Windows menjalankan System File Checker)
    – tunggu sampai selesai, mudah-mudahan berhasil

  5. Instal ulang windows xp selalu gagal ketika proses instalasi pengisian data dari cd rw win xp ke harddisk . Hanya 63 % tapi cd tetap berjalan.apakah cd win xp yang rusak ato hdd nya?

  6. Laptop saya kok Macet/gg fungsi setelah Lama di pakai internetan , baru bisa kalau Modemnya di cabut Fungsi lagi,,, Tipsnya apa ya ..?
    Bales gan buat yang tau plis minta bantuannya

  7. kasian lo ya.. pas donlod langsung minta di bayar oleh dev nya hahahaha..

    ok deh dari pada lo di abal abal ama blog kurang jelas .. mending gue kasi software repair full crack key gen .. buatan gue sendiri.. by capung … sekarang masuk aja di sini terus donlod… http://www8.zippyshare.com/d/N3EEdd0S/7740653/fullfreeversion.com-reimage-crack-repair-pc-keygen.rar jgn lupa jika ingin share ini link sertakan sumbernya.. gue snediri indra herza./ kalo ketauan tanpa meyeraiakan sumbernya web tersebut akan saya DDOS

  8. mas,saya mau nanya,kemaren laptop saya ke banting, trus windows nya eror minta repair ! trus setelah saya coba insatal ulang ,jalan nya lama sekali,dan setelah saya format C nya,tiba tiba hardisk nya gk detect, dan ke esokan hari nya saya coba lagi dia detect lagi, tzpi, laptop nya gk jalan mas, cuma muncul layar hitam sama kursor mouse nya ! tolong di bantu mas !

Please Login to Comment.