9 Cara Mudah Merawat Laptop Agar Awet dan Tetap Optimal

Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan sobat Aponk yang menanyakan tentang bagaimana cara  merawat laptop agar tidak mudah rusak. Baiklah berikut ini adalah tips tentang bagaimana cara merawat laptop agar awet dan kinerjanya tetap optimal.

cara merawat laptop
  1. Jangan samakan Laptop dengan komputer biasa (desktop).
    Inilah mungkin prinsip pertama yang harus kita perhatikan, laptop didesain untuk dipake secara portable, bisa dibawa kemana-mana, sehingga logikanya laptop didesain untuk tidak dipake secara terus-menerus. Seiring dengan menipisnya persediaan baterai, laptop sebaiknya kita istirahatkan. Untuk keperluan sehari-hari mending pake komputer biasa dan gunakan laptop saat hendak travel aja. Sebaiknya gunakan cooling pad untuk pemakain laptop yang cukup lama.
  2. Pakailah LCD dan Keyboard Protector
    Cara merawat laptop berikutnya adalah dengan menggunakan LCD dan Keyboard Protector. Untuk keyboard protector, selain menjaga keyboard tetap bersih dari debu dan kotoran lainnya, juga sebagai “jaga-jaga” kalau tanpa sengaja kita “menyiram” laptop dengan air dari gelas atau tempat minuman yang diletakkan didekat lapop.
  3. Bersihkan Laptop secara teratur.
    Gunakan cairan pembersih LCD untuk membersihkan LCD Monitor, dilap secara searah dan tidak menekannya terlalu keras. Bersihkan juga keyboard dan saluran ventilasi dengan kuas dan vacuum cleaner kecil.
  4. Tempatkan laptop di tempat yang memiliki permukaan yang rata, misalnya meja.
    Jangan menggunakan laptop ditempat tidur,sofa, karpet atau tempat lainnya yang dapat menghambat sirkulasi udara dari laptop, karena hal ini bisa mengakibatkan laptop cepat panas.
  5. Hindarkan laptop dari getaran, benturan, suhu yang panas, medan magnet seperti televisi, speaker active dan panas sinar matahari baik ketika sedang membawa atau menyimpannya.
  6. Instal program standar yang diperlukan saja dan jangan memaksakan laptop dengan menginstal berbagai program yang pada akhirnya dapat memberatkan kenerja laptop. Install antivirus dan aktifkan firewall terutama saat mengakses jaringan public seperti hotspot.
  7. Install tools untuk melakukan perawatan system komputer seperti misalnya tool favorit saya Advance System Care dan jalankan aplikasinya secara teratur.
  8. Matikan Laptop dengan benar.
    Salah satu kerusakan laptop yang sering terjadi adalah karena laptop yang tidak dimatikan dengan benar, misalnya mematikan laptop secara paksa atau karena listrik yang mati mendadak. Apabila laptop tidak menggunakan baterai sebaiknya sumber listrik dilengkapi dengan UPS (Uninteruptable Power Supply).
  9. Rawatlah baterai laptop.
    Apabila menggunakan sumber listrikdari PLN, sebaiknya lepaslah baterai laptop. Ketika laptop menggunakan baterai usahakan jangan sambil di-charge terus menerus, pakailah sumber listrik dari baterai, barulah baterai di-charge ketika baterai mau habis. Apabila baterai mau disimpan dalam jangka waktu lama sebaiknya diisi terlebih dahulu sampai setengahnya, jangan dibiarkan kosong.

Mungkin itulah beberapa tips sederhana tentang bagaimana cara merawat laptop agar tetap awet dan dapat bekerja dengan optimal. Untuk yang mempunyai tips perawatan laptop lainnya, silahkan di tambahkan lewat comment dibawah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *