Home » Hardware » Cara Mengecek Power Supply ATX

Cara Mengecek Power Supply ATX

  • by

Power Supply ATX sudah menjadi Power Supply standar dalam PC Desktop sekarang ini. Berbeda dengan Power Supply tipe AT yang dulu, ketika kita menghidupkan Power Supply ATX ini kita tidak langsung menghubungkan tegangan PLN 220VAC melalui sebuah saklar, tetapi cukup dengan menekan tombol Power yang terhubung ke Mainboard.

Dengan cara seperti ini kita dapat membongkar pasang Power Supply menjadi lebih mudah, akan tetapi bagaimanakah caranya menghidupkan Power Supply ATX ini tanpa terhubung ke Mainboard? misalnya untuk sekedar mengetahui apakah power supply ATX tersebut hidup atau tidak.

Cara paling cepat untuk mengecek hidup tidaknya power supply ATX tanpa harus terpasang ke motherboard adalah dengan menggunakan jumper. Jumper ini bisa dibuat dari apasaja, misalnya paper clip kertas, atau sekedar kawat biasa.

Berikut ini adalah cara cepat untuk mengecek Power Supply ATX  :

  • Siapkan Power Supply yang akan di cek
  • Siapkan kabel jumper
  • Masukkan kabel Power ke listrik PLN
  • Ambil konektor Power Supply ATX ( yang 20 pin)
  • Cari kabel warna hijau, Untuk menghidupkan Power Supply sambungkan pin kabel warna hijau tersebut dengan kabel jumper ke pin kabel warna hitam (Ground).


  • Perhatikan kipas Power Supply, kalau berputar berarti Power Supply dalam kondisi hidup.

Mungkin ada pertanyaan, kenapa harus kabel hijau yang di-jumper dengan kabel hitam, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita lihat diagram untuk pin Power Supply ATX dibawah ini :

Dari gambar diatas terlihat bahwa kabel warna hijau berfungsi sebagai PS-ON, yang prinsip kerjanya adalah saat power supply dihubungkan dengan motherboard, power supply akan aktif jika aliran daya dari PS-ON dihubungkan dengan Ground.

Itulah cara untuk mengecek Power Supply ATX tanpa terhubung ke Mainboard. Sebagai catatan Power Supply yang terbukti hidup belum tentu menandakan Power Supply tersebut berfungsi baik, karena mungkin saja setelah dipasangkan ke Mainboard, tegangan power supply tersebut menjadi drop. Jadi cara diatas hanyalah untuk menentukan mati tidaknya sebuah Power Supply.

Last updated on February 24, 2010

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments