Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected

Cara memperbaiki USB Flashdisk yang Write Protected ini tanpa sengaja saya alami ketika sedang meminjam sebuah Flashdisk yang dibutuhkan untuk meng-copy data dari Laptop. Teman saya yang meminjamkan Flashdisk tersebut menyuruh saya untuk memformat saja Flashdisk-nya dengan alasan banyaknya virus pada USB flashdisk miliknya tersebut.

Tetapi ketika saya akan memformat Flashdisk tersebut muncul tulisan The Disk is Write Protected, begitu juga ketika saya mencoba untuk menghapus isi flashdisk maupun membuat file atau folder baru, selalu muncul pesan The Disk is Write Protected seperti gambar dibawah:

The disk is write protected

Karena kebetulan dalam laptop yang saya bawa tidak terdapat software-software yang biasa saya pakai untuk memperbaiki flashdisk, maka saya coba untuk mematikan laptop terlebih dahulu, menghidupkannya kembali dan mencoba memformat flashdisk tersebut, tetapi ternyata kondisinya masih sama, flashdisk tidak bisa diformat.

Saya kemudian coba download aplikasi HP USB Format Tool yang biasa saya pakai untuk memperbaiki Flashdisk 0 byte, tetapi setelah dijalankan tetap saja Flashdisk tidak mau di format, sempat terpikir untuk memformat Flashdisk dengan perintah DISKPART tetapi entah kenapa lupa ga saya coba..

Akhirnya saya mencoba memformat flashdisk tersebut  melalui Windows Safe Mode, dan ternyata cara saya tersebut berhasil, USB Flashdisk yang Write Protected tersebut berhasil diformat meskipun prosesnya cukup lama. Untuk memastikan bahwa bahwa kondisi flashdisk sudah normal, maka laptop saya restart dan booting secara normal kemudian mengecek lagi kondisi Flashdisk dengan memasukkan data dan mendeletenya dan ternyata bisa. Yap..USB Flashdisk yang Write Protected telah berhasil diperbaiki.

Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected melalui Safe Mode

1. Restart Komputer atau Laptop

2. Setelah BIOS selesai melakukan POST atau sebelum logo Windows muncul cepat-cepat tekan tombol F8, atau apabila ga mau ribet tekan aja tombol F8 sejak komputer mulai booting 🙂 tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah:

windows safe mode

3. Pilih Safe Mode dan tekan Enter.

4. Setelah login ke Windows, lalu format USB Flashdisk dengan cara klik kanan pada USB Drive lalu klik Format, (saya memilih yang quick  format aja).

5. Kalau berhasil akan muncul message “Format is Complete”



Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected melalui Registry

Cara kedua untuk memperbaiki flashidk yang write protect adalah dengan menggunakan Registry Windows. Pada gambar dibawah ini adalah status USB Flashdisk pada jendela Computer Management, tampak status flasdisk adalah “Read Only”

USB Flashdisk Write Protected

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya:

1, Colokan USB Flashdisk ke komputer atau laptop

2. Setelah Flashdisk terdeteksi, buka registry windows, dengan cara klik Start – Run lalu ketik: REGEDIT atau tekan tombol win+R dan ketik REGEDIT.

3. Setelah masuk ke jendela registry editor, cari Key berikut :

HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentcontrolsetControl dan cari string StorageDevicePolicies.

Jika tidak menemukannya, maka harus dibuat dulu dengan cara sebagai berikut :

  • Klik HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentcontrolsetControl lalu klik kanan di folder Control
    membuat key di registry windows
  • Pilih New – Key lalu ubah namanya menjadi StorageDevicePolicies
  • Klik kanan di folder StorageDevicePolicies yang baru dibuat tadi, lalu pilih DWORD(32-bit) untuk yang memiliki OS 32bit, atau DWORD(64-bit) untuk yang memilki OS versi 64 bit. 
  • Ganti nama DWORD yang baru saja kita buat menjaid WriteProtect dan double click lalu ganti value datanya menjadi 0 dengan heksadesimal.
    StorageDevicePolicies_WriteProtect

4. Tutup jendela registry editor,  lakukan refresh pada komputer dan setelah itu lakukan safely remove untuk mencabut USB Flashdisk tadi.

5. Kemudian restart komputer. Setelah di restart, masukan lagi Flashdisk dan kemudian lakukan format.

6. Setelah selesai di format, USB Flashdisk yang tadinya terprotect sekarang sudah bisa digunakan lagi. Status yang tadinya “Read Only” sekarang sudah berubah menjadi “Online”.

usb flashdisk berhasil diperbaiki

Demikianlah cara saya memperbaiki flashdisk yang write protected ini yaitu dengan memformatnya dalam windows safe mode atau dengan menggunakan registry windows.  Untuk mencegah agar Flashdisk tidak Write Protected lagi maka hindari dari sering mencabut-colok flashdisk dari satu komputer ke komputer yang lain. Semoga bisa membantu..

Advertisements

Belajar Web Development Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Pelajari dasar-dasar pemrograman web (HTML, CSS, JavaScript, jQuery dan PHP) untuk membuat aplikasi web dinamis | By CodePolitan Online.

 

Kursus Lengkap Laravel 5 – Membangun 2 aplikasi Web

Dalam kursus ini Anda akan belajar bagaimana membuat 2 aplikasi web berkualitas berbasis AJAX menggunakan Laravel | By Eding Muhamad Saprudin.

 

Kursus Android Dasar Dari Nol Sampai Expert

Kursus Android Online Khusus untuk Pemula yang ingin belajar dasar-dasar Android yang penting, yang sering digunakan di dunia perusahaan. | By Santren Koding.

 

3 in 1! Cisco CCNA, Python Programming, & Network Automation

Belajar 3 materi dalam satu kursus, Networking, Python, dan Network Programming untuk Network Enginer| By Ahmad Rosid Komarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *