Home » Tips » Cara Blok USB Flashdisk Pada Komputer Windows 7/10 via Regedit dan GPEDIT

Cara Blok USB Flashdisk Pada Komputer Windows 7/10 via Regedit dan GPEDIT

  • Tips

Dalam postingan berikut ini saya akan berbagi info tentang bagaimana cara blok USB Flashdisk secara Total maupun secara Read Only / Write Protect lewat pengaturan Registry dan Group Policy Editor (gpedit.msc) di Windows 7 dan Windows 10.

Sejak menggantikan Floppy Disk sebagai media tempat melakukan pertukaran file secara offline, USB Flashdisk secara otomatis berperan juga sebagai media penyebaran virus antar komputer. Untuk alasan meminimalkan penyebaran virus lewat USB Flashdisk tersebut atau alasan keamanan data lainnya itulah kita adakalanya harus membatasi akses terhadap USB Flasdisk atau USB Storage lainnya.

1. Cara Blok USB Flasdisk Secara Total di Windows 7 via Regedit

Cara yang pertama yang akan kita lakukan adalah memblok total USB Flashdisk sehingga ketika USB Flasdisk dimasukan, tidak akan terdeteksi sama sekali.

  1. Login ke komputer dengan Account Administrator
  2. Masuk ke Registry Editor, dengan cara klik Start – Run ketik: regedit
  3. Carilah Key : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\services\USBSTOR

  4. Double klik pada key Start yang berada di jendela sebelah kanan, dan ganti nilainya dari 3 menjadi 4.
  5. Tutup jendela Registry Editor dan cobalah untuk mencoba apakah setingan sudah berhasil atau belum dengan memasukkan flasdisk ke komputer, apabila setinga telah berhasil, maka USB Flashdisk tidak akan terdetek.
  6. Kalau kita lihat di jendela Device Manager, maka USB yang baru kita masukan akan terbaca USB Mass Storage Device dengan tanda seru, seperti gambar dibawah.


  7. Cara seperti ini mempunyai kelemahan, karena apabila user yang login mempunyai hak Administrator maka dengan cara klik kanan pada USB Mass Storage Device diatas kemudian pilih Uninstall, kemudian melakukan Refresh / Scan for hardware change maka otomatis USB akan terdetek dan kalau dilihat disetingan regedit pada langkah no 3 diatas, maka setingan USBSTOR akan kembali ke 3.

2. Cara Block USB Flashdisk / Write Protect via Registry Windows 7

Cara yang kedua yang akan kita lakukan adalah mendisable pengeditan pada USB Flasdisk, jadi USB tetap terbaca tetapi kita tidak bisa mengedit atau menambah file kedalam USB Flashdisk atau USB Storage Device lainnya seperti Hardisk External.

  1. Masuk ke Registry, carilah Key : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies


  2. Double klik WriteProtect edit value data-nya menjadi 1 seperti pada gambar diatas.
  3. Tutup jendela Registry Editor dan cobalah untuk mencoba apakah setingan sudah berhasil atau belum dengan memasukkan flasdisk ke komputer, apabila setingan telah berhasil, maka USB Flashdisk hanya bisa dibaca saja, kita tidak bisa memasukan data ke dalamnya..

3.CARA Block USB Flashdisk Secara Total via Registry Windows 10

Cara yang ketiga yang akan kita lakukan adalah mendisable / block USB Flasdisk di Windows 10.

  1. Login ke komputer dengan Account Administrator
  2. Masuk ke Registry Editor, dengan cara ketik: regedit pada kotak Search, kemudian klik aplikasi Registry Editor.
  3. Carilah Key : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\RemovableStorageDevices.

    Cara Blok USB Flashdisk Pada Komputer Windows 10 via Regedit
  4. Double klik pada Deny_All yang berada di jendela sebelah kanan, dan ganti nilainya dari 0 menjadi 1.
  5. Tutup jendela Registry Editor dan cobalah untuk mencoba apakah setingan sudah berhasil atau belum dengan memasukkan flasdisk ke komputer, apabila setinga telah berhasil, maka USB Flashdisk tidak akan terbuka.



    Apabila setingan belum aktif, cobalah untuk restart komputer terlebih dahulu.

4. Cara Blok USB Flashdisk di Windows 10 Menggunakan GPO Editor

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mem-blok USB pada komputer adalah dengan mengatur setingan pada Group Policy Object (GPO) Editor yang ada pada sistem operasi Windows 10.

Salah satu fungsi GPO Editor ini adalah melakukan pengaturan terhadap apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengguna komputer terhadap komputer yang digunakannya. Pada postingan kali ini kita akan memanfaatkan fitur GPO ini untuk mem-blok semua hardware yang dikategorikan sebagai Removable device, termasuk diantaranya USB Flashdisk dan DVD ROM drive.

  1. Pada kotak pencarian ketik gpedit dan klik aplikasi edit group policy yang muncul.

  2. Setleah jendela terbuka Local Group Policy Editor, Pilih Computer Configuration – Administrative Template – SystemRemovable Storage Access.

    deny-all-removable-storage-devices-gpedit

    Dalam jendela sebelah kanan terdapat berbagai pengaturan untuk device yang tergolong Removable Storage seperti CD/DVD, USB Storage dan WPD (Windows Portable Devices) Devices seperti handphone dsb.
  3. Untuk memblok USB Flashdisk dan seluruh media storage lainnya, lakukan double klik pada menu All Removable Storage classes: Deny all access dan ubah setingannya dari Not Configure atau Disable menjadi Enable.



    Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  4. Untuk mencoba, apakah setingan berhasil atau belum, masukkan sebuah USB Flashdisk, apabila setingan telah aktif, maka USB Flashdisk tidak terbaca sama sekali dan ketika diklik muncuk error USB Flashdisk Access is denied. Apabila setinga belum berhasil cobalah untuk restart komputer terlebih dahulu.


  5. Untuk mengembalikan agar USB Flashdisk bisa kembali terbaca, maka lakukan langkah no 3 dan ubah setingannya dari Enable menjadi Disable.

Demikianlah cara untuk memblok USB Flashdisk di komputer dengan OS Windows 7 dan Windows 10 yaitu dengan menggunakan setingan pada Registry Editor dan pada Group Policy Editor.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments