Home » Jaringan » Apa Perbedaan WiFi Frekuensi 2.4 GHz dengan Wifi Frekuensi 5 GHz ?

Apa Perbedaan WiFi Frekuensi 2.4 GHz dengan Wifi Frekuensi 5 GHz ?

  • by

Dalam spesifikasi Access Point seperti misalnya Ruckus R320 dan Ruckus R730, kita bisa melihat adanya 2 frekuensi yang digunakan yaitu frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz. Lalu Apa perbedaan Wifi frekuensi 2.4GHz dengan Wifi frekuensi 5 GHz tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut pertama kita harus mengingat kembali bahwa Wireless itu adalah jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang electromaknetik dengan menggunakan frekuensi tertentu untuk mengantarkan sebuah data.

Rumus frekuensi

Gelombang merupakan getaran yang merambat pada suatu medium. Jumlah getaran atau gelombang yang dihasilkan dalam satu detik disebut frekuensi. Sebuah gelombang mempunyai kecepatan, frekuensi dan panjang gelombang dengan rumus :

f = C / λ

C = Kecepatan cahaya (299,792,458 m/s)
f = Frekuensi gelombang (MHz)
λ = Panjang gelombang (meter)

Dari rumus diatas bisa kita ketahui bahwa: Semakin pendek panjang gelombang maka akan semakin tinggi frekuensi atau sebaliknya; semakin panjang, panjang gelombang maka frekuensi akan semakin rendah.

Perbandingan bentuk dan panjang gelombang

Sifat / Perilaku Panjang Gelombang

Dalam jaringan nirkabel ada beberapa aturan yang merupakan penyederhanaan dari perilaku panjang gelombang secara umum yaitu sebagai berikut:

  • Semakin panjang, panjang gelombang, maka semakin jauh gelombang tersebut merambat (semakin jauh jangkauannya).
  • Semakin panjang, panjang gelombang, maka semakin mudah gelombang tersebut untuk melalui (menembus) atau mengitari penghalang.
  • Semakin pendek, panjang gelombang, maka semakin banyak data yang dapat di kirim.

Dengan melihat rumus dan sifat panjang gelombang maka akan didapat kesimpulan sederhana tentang perbedaan frequensi 2.4 GHz dibanding frequensi 5 GHz yaitu :

Frekuensi 2.4 GHz bisa merambat lebih jauh tetapi kecepatan pengiriman data “lebih lambat” sementara frekuensi 5 GHz cakupan areanya kecil tetapi memungkinkan kecepatan pengiriman data “lebih cepat”.

Perbandingan copy data menggunakan 2.4 GHz vs 5 Ghz

Perbedaan Frekuensi 2.4 GHz dengan 5 GHz

Dari uraian singkat diatas secara sederhana kita sudah bisa mengetahui perbedaan mendasar antara WiFi dengan frekuensi 2.4 GHz dibanding WiFi dengan frekuensi 5GHz. Dibawah ini ada beberapa informasi tambahan tentang perbedaan kedua frekuensi ini.

Frekuensi 2.4 GHz

Pada awalnya frequensi yang digunakan untuk jaringan WiFi hanya menggunakan frequensi 2.4 GHz. Frekuensi 2.4 GHz ini merupakan frekuensi untuk keperluan publik sehingga tidak berlisensi dan digunakan untuk banyak aplikasi komunikasi, termasuk Bluetooth bahkan oven Microwave juga menggunakan frekuensi ini.

Rentang frekuensi 2.4 GHz dimulai dari frekuensi 2,4 GHz hingga 2,4835 GHz. Pita frekuensi ini dibagi dalam 14 chanel (saluran) dimana setiap chanel mempunyai lebar 20 MHz, tetapi tidak semua channel tersebut diperbolehkan untuk dipakai disemua negara. Yang biasa digunakan, termasuk di Indonesia adalah chanel 1 sampai dengan channel 13.

Rentang pita frekuensi 2.4 GHz

Berdasarkan pembagian tersebut maka dengan lebar channel standard dan jarak / celah antar chanel yang berdekatan adalah akan terdapat beberapa channel yang saling overlapping. Seperti terlihat pada gambar diatas, hanya terdapat 3 channel yang yang bisa aktif bersamaan tanpa saling overlap yaitu channel 1,6 dan 11 atau chanel 2,7 dan 12 atau chanel 3,8 dan 13.

Untuk melihat frekuensi yang digunakan oleh sebuah WiFi Access Point bisa menggunakan aplikasi Android salahsatunya adalah WiFi Analyzer yang tampilannya kira-kira seperti gambar dibawah:

Chanel 2.4 GHz – WiFi Analyzer

Frekuensi 5 GHz

Frekuensi 5 GHz merupakan frekuensi yang lebih baru yang digunakan pada jaringan wireless LAN. Frekuensi 5 GHz mulai digunakan pada perangkat WiFi yang menggunakan standard 802.11a seperti terlihat pada tabel dibawah:

Rentang frekuensi 5 GHz berkisar mulai dari 5,150 GHz – 5,850 GHz dan berisi 25 chanel yang tidak saling overlaping (setiap chanel memiliki lebar 20 Mhz dengan ruang pemisah antar chanel selebar 20MHz juga). Ini kemudian dikelompokan kedalam empat bagian berbeda yang disebut : UNII-1, UNII-2, UNII-2 Extended, UNII-3 dan ISM. UNII adalah singkatan dari Unlicensed National Onformation Infrastructure.

Mulai dari standard 802.11n, chanel bonding adalah praktik umum di mana dua saluran yang berdekatan digabungkan menjadi satu saluran yang lebih luas seperti dua saluran selebar 20 MHz digabungkan menjadi satu saluran 40 MHz. Begitu juga dalam standard 802.11ac, dua chanel 40 MHz digabungkan menjadi satu chanel 80 MHz, bahkan dua chanel 80 MHz digabung menjadi satu chanel selebar 160 MHz.

Sama seperti frekuensi 2.4 GHz yang tidak semua chanel bisa dipakai, di Indonesia frekuensi 5 GHz yang bisa dipakai berada pada rentang 5,725 – 5, 825 GHz atau channel 149, 153, 157 dan 161 dengan maximum bandwidth 20 MHz.[wikipedia]

5 GHz – WiFi Analyzer

Last updated on March 7, 2020

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments