Akhirnya Blog Ini Migrasi Dari Blogspot Ke WordPress

  • Lainnya
migrasi blogspot ke wordpress

Setelah kurang lebih 8 tahun, tepatnya sejak awal tahun 2010 blog ini menggunakan platform Blogspot, akhirnya di penghujung tahun 2018 blog ini memutuskan untuk bermigrasi menggunakan platform WordPress.

Salah satu alasan utama dari dilakukannya migrasi dari blogspot ke wordpress ini adalah keinginan untuk membuat blog ini lebih bermanfaat yaitu dengan menambahkan berbagai fitur tambahan yang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan wordpress self hosting.

Proses Migrasi Dari Blogspot Ke WordPress

Proses migrasi blog catatanteknisi.com dari platform blogspot ke wordpress ini dilakukan dalam beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Mencari WordPress Hosting
  2. Proses Migrasi / Import Data dari Blogspot ke Hosting Baru
  3. Proses Migrasi WordPress dari Hosting Lama ke Hosting Baru
  4. Optimasi website

Mencari WordPress Hosting

Tahapan yang pertama adalah mencari web hosting yang akan digunakan sebagai rumah baru blog ini. Ada beberapa provider yang pernah saya coba dan direkomendasikan oleh beberapa sahabat saya diantaranya adalah Niaga Hoster, Dewa Web dan Rumah Web.

Pilihan kemudian dijatuhkan ke WordPress Hosting dari Rumah Web dengan alasan pertimbangan ekonomis, yaitu rumahweb menyediakan paket trial 1 bulan untuk paket wordpress hosting dan hasilnya memang memuaskan, kemudahan managemen wordpress menggunakan plesk panel dan performa hosting yang baik saya rasakan selama menggunakan wordpress hosting dari rumahweb ini.

Proses Setup dan Import Data

Berikutnya adalah proses setup worpress dan import data. Proses ini terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari backup konten di blogspot, instalasi dan seting wordpress dan terakhir import data hasil backup. Insya Allah tahapan ini akan saya share pada artikel selanjutnya tentang step by step migrasi hosting dari blogspot ke wordpress.

Memindahkan WordPress Ke Hosting yang lain.

Proses migrasi dari blogspot ke wordpress ini sebenarnya sudah selesai pada tahapan no 2. Tetapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya pindahkan lagi blog catatanteknisi.com yang sudah menggunakan platform wordpress ini ke hosting yang lain. Dan dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya memilih layanan wordpress hosting dari Domainesia.

Proses pemindahan wordpress dari hosting yang lama ke hosting yang baru ini cukup berkesan karena saya melakukannya dengan menggunakan smartphone saja sambil menikmatin malam tahun baruan bareng keluarga. Data-data dari hosting yang lama ke hosting yang baru saya pindahkan langsung melalui FTP. Dan hasilnya Alhamdulillah pada awal tahun 2019 blog catatanteknisi.com sudah selesai migrasi dari blogspot ke wordpress dan menempati rumah baru di layanan hosting Domainesia.

Setelah migrasi hosting selesai, langkah berikutnya adalah melakukan optimasi seperti memperbaiki broken link, dan lain sebagainya.

Selamat Tahun Baru 2019.
Semoga semua harapan & cita-cita kita di tahun ini bisa tercapai. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *