Home » PC Repair » 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Lambat

Komputer yang lambat merupakan masalah yang seringkali dihadapi oleh para pengguna komputer atau laptop bahkan meskipun kondisi komputer atau laptop tersebut masih baru. Dalam postingan berikut ini penulis akan berbagi info tentang penyebab komputer lambat dan cara mengatasi komputer lambat yang bisa diterapkan secara umum baik pada komputer dengan OS windows 7 atau Windows 10.

10 Penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya.

Secara umum cara mengatasi komputer lambat ini adalah dengan menyesuaikan software yang diinstall dengan spesifikasi hardware yang saat ini terpasang, membuang aplikasi yang tidak perlu, memastikan komputer bebas virus, memperhatikan kondisi lingkungan sekitar (misal dari debu dan suhu yang terlalu panas) serta dengan mengupgrade hardware yang masih memungkinkan.

1. Komputer Lambat Karena Kekurangan Memory

Masalah komputer lambat karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer. Untuk melihat kondisi RAM yang terpakai saat ini, kita bisa menggunaan tool bawaan Windows yaitu Task ManagerPerformanceMemory, seperti berikut:

Sebagai gambaran umum, untuk komputer dengan Windows 7 gunakan memori / RAM minimal 2GB, sedangkan untuk komputer saat ini yang sudah menggunakan Windows 10, minimal memori yang terpasang adalah 4GB sehingga untuk kinerja yang lebih cepat, gunakan RAM dengan kapasitas 8 GB.

2. Komputer Lambat Karena Masalah Pada hardisk.

Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan juga aplikasi, sehingga kecepatan dari proses baca-tulis hardisk ini akan menentukan kecepatan atau kinerja komputer secara umum.

Beberapa penyebab Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya adalah:

  • hardisk low space
  • hardisk yang terfragmentasi
  • hardisk yang sudah lama, sehingga kecepatan putaran / rpm-nya menurun
  • hardisk mengalami error / bad sector
  • masih menggunakan hardisk lama (cakram)

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah:

  • upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
  • lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
  • hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
  • cek dan perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.
  • ganti hardisk lama ke tipe SSD (Solid State Drive)

Dengan menggunakan SSD akan terdapat peningkatan performa komputer atau laptop yang signifikan, karena kecepatan baca-tulis SSD lebih cepat sekitar 5x dibanding Hardisk biasa. Bahkan sekarang sudah ada teknologi SSD terbaru yang disebut dengan SSD NVME (Non-Volatile Memory Express) yang kecepatannya sekitar 5x SSD SATA yang biasa, yang artinya sekitar 25x kecepatan Hardisk.

3. Komputer lambat karena terlalu banyaknya program yang terinstall.

Saya sering menemukan komputer terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali. Meskipun tidak digunakan, beberapa aplikasi tersebut bisa berjalan di background process sehingga tetap akan memakan resource komputer yang tersedia.

Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang tidak dipergunakan tersebut. Kita juga bisa menggunakan aplikasi seperti Revo Uninstaller untuk meng-uninstall aplikasi secara tuntas.

4. Komputer lambat karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.

Hal ini berkaitan dengan point no 3 diatas, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke “System Configuration Utility” dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Process Explorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

Process Explorer

5. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak.

Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Lokasi file temporary ini adalah sebagai berikut:

  • Windows XP :  C:\Documents and Settings\Local Settings\Temp
  • Windows 7 / 10    :  C:\Users\admin\AppData\Local\Temp

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: “cleanmgr” lalu pilih drive yang akan di-cleanup. Selain itu Anda juga bisa mencoba software JetClean untuk mempercepat komputer dengan cara membersihkan file-file dan registry yang tidak diperlukan.

6. Komputer lambat karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai “security program”.

Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan windows firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya Avast Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

7. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.

Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner atau Malwarebyte untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

Lebih lanjut bisa dibaca pada postingan tentang Cara membersihkan virus secara total.

8. Komputer lambat karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.

Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair atau re-install sistem operasi yang digunakan.

Pada Windows 10 kita bisa melakukan Windows Update untuk mendapatkan pembaharuan sekaligus merepair file system atau bisa juga dengan menggunakan fitur seperti Reset This PC untuk mengembalikan sistem ke kondisi awal.

9. Komputer lambat karena masalah hardware overheat.

Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Komputer lambat karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network.

Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita.

Demikianlah beberapa penyebab komputer lambat dan cara memperbaikinya. Solusi lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan install ulang terhadap sistem operasi. Dengan langkah ini diharapkan sistem komputer akan kembali fresh dan bekerja optimal kembali.

Last updated on August 15, 2020

Subscribe
Notify of
guest
5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments